Kesehatan

Efektifkah Bawang Putih Menurunkan Kolesterol?

Senin, 23 September 2019 - 05:37 | 68.85k
Bawang Putih.
Bawang Putih.

TIMESINDONESIA, JAKARTABawang putih adalah bahan makanan yang dengan mudah ditemukan sehari-hari. Selain berfungsi sebagai bumbu aromatik dalam masakan, bawang putih diyakini memiliki berbagai khasiat. Menurunkan kolesterol tinggi adalah salah satunya.

Sebuah penelitian di Iran yang dimuat dalam International Journal of Preventive Medicine menunjukkan hasil positif tentang efek bawang putih terhadap kolesterol.

Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa konsumsi bawang putih dan perasan lemon dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), fibrinogen, dan tekanan darah pada penderita dislipidemia (kolesterol tinggi).

Bawang putih mengandung senyawa phytochemical yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi (peradangan). Senyawa ini dapat mencegah terjadinya reaksi oksidatif di pembuluh darah dan menghambat peningkatan kadar LDL.

Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin, yaitu senyawa yang dapat menghambat pembentukan kolesterol. Berbagai efek inilah yang menjadi alasan bawang putih digunakan sebagai penurun kolesterol. 

Namun, di pihak lain, tidak semua peneliti sepakat mengenai efek bawang putih terhadap kolesterol. Seorang peneliti di Stanford, Christopher Gardner, menyatakan bahwa efek tersebut belum sepenuhnya teruji klinis.

Kebanyakan reaksi senyawa tersebut baru terjadi di laboratorium dan efeknya pada tubuh manusia belum signifikan. Gardner pun menambahkan bahwa bawang putih belum dapat menggantikan posisi obat anti kolesterol dalam menurunkan kadar lemak dalam darah.

Meski demikian, bawang putih dapat membantu menurunkan peradangan pada pasien yang mengalami infeksi dan meningkatkan fungsi daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan efek ini, bawang putih tidak selalu harus dimakan langsung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES