Kesehatan

Sumber Antioksidan, Makanan Ini Ampuh Menangkal Radikal Bebas

Minggu, 22 September 2019 - 03:45 | 89.62k
Ilustrasi - Lemon yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dipercaya ampuh mengatasi radikal bebas (FOTO: klikdokter)
Ilustrasi - Lemon yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dipercaya ampuh mengatasi radikal bebas (FOTO: klikdokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengonsumsi makanan sumber antioksidan merupakan salah satu cara menangkal radikal bebas. Antioksidan alami bisa diperoleh dari beberapa jenis buah, sayur, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi secara rutin dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan tubuh akibat polusi udara.

Dilansir dari Femina, berikut ini makanan kaya antioksidan yang bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

1. Vitamin C

Vitamin yang larut dalam air ini dipercaya dapat membantu proses regenerasi sel sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar krim pencerah wajah. Tak hanya bermanfaat untuk mencerahkan wajah, ternyata vitamin C merupakan antioksidan paling kuat untuk tubuh kita. Lemon, jeruk, dan kiwi merupakan beberapa buah yang mengandung vitamin C paling tinggi.

2. Vitamin E

Vitamin yang larut dalam lemak ini adalah garis pertahanan pertama dalam melawan peradangan pada jaringan tubuh kita. Vitamin E dalam makanan dapat ditemukan pada minyak bunga matahari, canola, kacang tanah, dan minyak zaitun. Almond dan biji bunga matahari juga merupakan sumber vitamin ini. Ikan salmon dan telur yang kaya omega 3 juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

3. Beta karoten

Mineral ini memainkan peran sangat penting dalam mengendalikan peradangan karena kandungan antioksidannya. Sayuran berdaun seperti fenugreek, selada, wortel, dan bayam adalah sumber terkaya beta karoten.

4. Lemak Omega-3

Lemak omega-3 berfungsi melindungi tubuh terhadap dampak buruk polusi udara pada kesehatan jantung dan profil lipid. Sumber lemak omega-3 ini dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak ikan.

Itulah berbagai sumber makanan kaya antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Konsumsi secara teratur berbagai makanan di atas untuk menjaga kesehatan tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES