Peristiwa Daerah

Tuban Diguncang Dua Gempa, BMKG: Tidak Potensi Tsunami

Kamis, 19 September 2019 - 15:43 | 67.24k
Ilustrasi - Gempa Bumi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi - Gempa Bumi (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Jawa Timur mencatat bahwa di wilayah pesisir pantai utara Tuban diguncang gempa sebanyak dua kali pada siang hari ini, Kamis, (19/09/2019).

Tercatat gempat pertama terjadi pada pukul 14.06 WIB dengan kekuatan 5,6 Skala Rikter di kedalaman 656 kilometer. Kemudian yang ke dua, pukul 14.31 WIB dengan kekuatan 6,0 SR di kedalaman 648 kilometer

"Hari ini ada gempa sebanyak 2 kali. Tapi kami tegaskan tidak berpotensi Tsunami," tegas Kepala BMKG Tuban, Desindra.

Gempa-Tuban.jpg

Disampaikan pula, gempa yang terjadi beberapa detik ini sempat membuat meja dan kursi di kantor BMKG Tuban di Jenu bergoyang. "Kita juga merasakan ada getaran seperti truck besar yang melintas," paparnya.

 Desindra menjelaskan, pusat gempa yang berada di titik koordinat 6.40 LS (Lintang Selatan) dan 111.84 BT (Bujur Timur), Episentrum 58 km Barat Laut Tuban ini, juga terasa cukup luas hingga di Bandung Jawa Barat dan Pulau Bali.

"Imbauan untuk masyarakat tetap waspada terhadap gempa susulan dan terus memantau informasi resmi dari BMKG. Dan kami informasikan lagi gempa ini tidak potensi tsunami," ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES