Gaya Hidup

Manfaat Ampas Kopi, Bisa Menghilangkan Bau Hingga Perawatan Rambut

Rabu, 18 September 2019 - 04:13 | 113.59k
ILUSTRASI - Manfaat ampas kopi untuk kecantikan. (FOTO: kitakini.news)
ILUSTRASI - Manfaat ampas kopi untuk kecantikan. (FOTO: kitakini.news)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah minum kopi, sebaiknya jangan langsung buang ampas kopinya. Ternyata ampas kopi bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat. Apa saja manfaat ampas kopi yang bisa kita dapatkan?

Dilansir dari Tabloid Bintang, berikut 6 manfaat ampas kopi yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Menghilangkan bau kulkas

Kulkas bisa saja memiliki bau yang tidak sedap akibat sisa makanan berbau menyengat yang disimpan di dalamnya. Letakkan satu mangkuk ampas kopi di dalam kulkas lalu biarkan 1-2 hari. Kopi akan menyerap bau dan aroma kulkas Anda akan kembali netral.

2. Menghilangkan selulit

Anda bisa menghilangkan sesulit dengan ampas kopi. Gunakan ampas kopi yang masih hangat, campur dengan minyak kelapa. Gosok secara memutar di area selulit beberapa menit, lalu bilas. Lakukan rutin, selulit yang mengganggu penampilan niscaya meluntur.

3. Menghilangkan bau di tangan

Setelah memasak, biasanya tangan dipenuhi aroma bawang atau bau amis. Untuk menghilangkan, gosokkan ampas kopi di telapak tangan, lalu bilas dengan air hangat.

4. Menghaluskan dan mengencangkan kulit

Ingin memiliki kulit yang lebih halus? Coba saja gunakan ampas kopi. Campur satu sendok ampas kopi dengan setengah sendok minyak zaitun. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak esensial favorit. Gosokkan ke wajah dan diamkan 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Menyuburkan tanah

Ampas kopi kaya akan fosfor, kalium, magnesium, tembaga, dan dapat melepas nitrogen ke tanah—nitrogen bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman—saat membusuk. Ampas kopi yang membusuk juga akan mengeluarkan asam yang baik untuk kesuburan tanah.

6. Perawatan rambut

Manfaat ampas kopi juga direkomendasikan sebagai bahan perawatan rambut. Caranya, oleskan ampas kopi ke rambut kering. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur untuk hasil maksimal. Anda akan mendapatkan rambut yang berkilau. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES