Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

BBPP Batu dan P4S Lenka Indika Buka Peluang Pasar Abon dan Telor Asin di Lombok Timur

Sabtu, 14 September 2019 - 11:40 | 100.81k
BBPP Batu Gelar Pelatihan Tematik di P4S Lenka Indika Lombok Timur (12-14/9/2019). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
BBPP Batu Gelar Pelatihan Tematik di P4S Lenka Indika Lombok Timur (12-14/9/2019). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, LOMBOK TIMUR – Pasca panen hasil pertanian/peternakan dipilih Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) sebagai topik pelatihan teknis tematik pertanian/ peternakan  kerjasama BBPP Batu dan P4S Lenka Indika di Kabupaten Lombok Timur.

Lalu Supratman, ketua P4S yang dikenal sebagai Pahlawan Penyelamat Air dari Lombok Timur dan Pecinta Lingkungan “Secangkir Beras Sampah” juga mengembangkan produk olahan hasil pertanian/peternakan untuk lebih memberdayakan anggota P4S-nya.

BBPP-Batu.jpg

Pelatihan yang berlangsung 3 hari (12-14/9/2019) ini disampaikan materi pembuatan abon sapi dan ayam, bakso, proses pengolahan telur asin dan proses pembuatan saos tomat (sebagai solusi rendahnya harga tomat di Lombok Timur), dengan pola diskusi dan praktek di lokasi P4S.

Praktisi abon sapi dan ayam, Masroni memberikan tips tentang metode penyuwiran abon yang benar dan titik kritis suhu penggorengan. Sedangkan praktisi telur asin Hafizah S.Ag menyampaikan pemeraman telur selama 10 hari menjadikan kualitas  telur asinnya lebih diminati konsumen.

BBPP-Batu-Pelatihan.jpg

“Kami mejadi lebih paham bagaimana memperpanjang umur simpan abon ayam dengan memperhatikan proses penirisannya, sehingga oksidasi lemak dapat diminimalkan,” kata Tismaili salah satu dari 20 orang peserta milenial dari Desa Lendang Nangka. Ia sangat bersyukur dapat mengikuti pelatihan yang digelar BBPP Batu dan P4S Lenka Indika ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES