Gaya Hidup

Langkah Mudah Agar Rumah Bersih Bebas Bau Tidak Sedap

Kamis, 12 Desember 2019 - 08:04 | 141.97k
ILUSTRASI - Bau Tidak Sedap di dalam Rumah. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Bau Tidak Sedap di dalam Rumah. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTABau tidak sedap di area rumah tentu bisa mengganggu kenyaman seluruh penghuni rumah. Bau tidak sedap tidak hanya mengganggu dalam waktu sesaat. Bau tidak sedap bisa mengganggu pernapasan. Anda ingin rumah bersih bebas dari bau tidak sedap?

Yuk, ikuti berbagai cara berikut, dilansir dari Hello Sehat.

1. Pastikan rumah bebas dari sampah

Bau tidak sedap di dalam rumah biasanya disebabkan oleh sampah. Terutama, sampah sisa makanan yang mudah membusuk. Nah, tips pertama agar rumah Anda bebas bau sampah adalah bersihkan tempat sampah di rumah. Baik itu yang ada di depan rumah, kamar, atau dapur.

Selalu lapisi tempat sampah Anda dengan plastik agar Anda mudah membersihkannya. Jangan malas untuk mencuci tempat sampah yang ada di rumah supaya tidak meninggalkan noda dan bau.

2. Rutin bersihkan kulkas

Kulkas menyimpan beragam makanan yang jika dibiarkan terlalu lama akan membusuk. Kondisinya yang lembap juga memungkinkan pertumbuhan jamur dan bakteri tertentu. Jadi, tips agar rumah bebas bau, kuncinya adalah rajin bersihkan kulkas.

Edisi-Kamis-12-Desember-2019-bau08ac3a0e172becf3.jpg

Setiap 3 atau 4 bulan sekali, kosongkan kulkas dari semua bahan makanan. Kemudian, ambil rak plastik, wadah cetak es, dan komponen lainnya dari dalam kulkas dan cuci hingga bersih. Anda bisa menggunakan campuran air dengan satu sendok baking soda sebagai pembersih.

3. Pakai pengharum ruangan

Anda bisa memilih pengharum ruangan kemasan atau membuatnya sendiri. Manfaatkan kulit jeruk yang biasanya Anda buang. Tips membuat pengharum sendiri agar rumah bebas bau ini cukup mudah. Rebus kulit jeruk dan gunakan airnya sebagai pengharum ruangan. Tempatkan rebusan air dalam wadah dan letakkan pada ruangan yang sering kali menimbulkan bau, contohnya di kamar mandi, dapur, atau dalam kulkas.

4. Pastikan ada sirkulasi udara dan pelihara tanaman hias

Agar udara di rumah tidak pengap dan tidak bau, Anda perlu memastikan adanya pertukaran udara di rumah. Jadi, pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang mencukupi. Anda juga bisa membuka jendela di pagi hari agar rumah tidak lembap dan udara jadi lebih segar.

Tips tambahan agar rumah bebas dari bau mengganggu, bisa juga dengan memelihara tanaman. Taruh tanaman, seperti bamboo palm di dekat jendela ruang tamu. Bisa juga dengan menempatkan tanaman gantung di dekat jendela, seperti boston fern atau english ivy agar udara jadi lebih segar dan mempercantik rumah Anda.

Jangan lupa untuk rutin membersihkan rumah dan tidak membuang sampah sembarangan agar rumah senantiasa bersih dan bebas Bau tidak sedap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES