Peristiwa Daerah

Larung Sesaji 1 Suro Balekambang Digelar 1-2 September 2019

Kamis, 29 Agustus 2019 - 08:06 | 377.41k
Upacara Larung Sesaji 1 Suro di Pantai Balekambang yang kini menjadi daya tarik wisatawan. (FOTO: Istimewa)
Upacara Larung Sesaji 1 Suro di Pantai Balekambang yang kini menjadi daya tarik wisatawan. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tahun ini, upacara Larung Sesaji 1 Suro di pantai Wisata BalekambangKabupaten Malang, Jawa Timut  akan dilaksanakan pada 1-2 September 2019 mendatang.

Kegiatan ini mempertahankan budaya leluhur oleh masyarakat Desa Srigonco, Kecamatan Bantur itu telah berlangsung lebih dari 100 tahun, dan kini menjadi daya tarik wisata.

Masyarakat desa berpenduduk 4647 jiwa itu memegang teguh tradisi Jawa, ungkapan rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta secara turun temurun lewat larung sesaji setiap datangnya 1 Suro.

Direktur Perusahaan Daerah Jasa Yasa yang mengelola wisata pantai Balekambang, Faiz Wildan mengatakan, Larung Sesaji 1 Suro di pantai Balekambang adalah salah satu andalan daya tarik wisatawan. "Biasanya wisatawan akan mulai berdatangan bahkan bermalam sebelum upacara itu digelar," katanya kepada TIMES Indonesia, Kamis (29/8/2019).

Upacara-Larung-Sesaji-1-Suro-2.jpg

"Larung Sesaji ini untuk menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan atas keberkahan dan rezeki yang diberikan Sang Maha Kuasa kepada masyarakat," katanya.

Saat ini segala persiapan juga tengah dilakukan masyarakat Desa Srigonco. Bahkan sebuah pertunjukan wayang kulit semalam suntuk,  sedang dipersiapkan.  Hanya saja lakonnya masih belum ditentukan.

"Tentu temanya bagaimana selalu bisa membuat guyub rukun masyarakat desa Srigonco dan sekitarnya," kata Kepala Desa Srigonco, Bambang Setyono.

Bambang Setyono akan memimpin upacara Larung Sesaji 1 Suro Pantai Balekambang ini. Tahun lalu ia didampingi didampingi para pemangku kepentingan saat melarung sesaji ke laut.  Diantaranya Faiz Wildan, Kapolsek Bantur, Danramil Bantur serta petinggi desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES