Kesehatan

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Buah Leci, Apa Manfaatnya?

Kamis, 12 Desember 2019 - 02:22 | 530.82k
ILUSTRASI - Buah Leci. (FOTO: Freepik)
ILUSTRASI - Buah Leci. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTABuah leci memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Buah yang memiliki rasa manis ini kaya vitamin dan mineral penting yang diperlukan tubuh.

Beberapa kandungan dalam buah leci, seperti vitamin C, polifenol, flavonoid, tembaga, dan kalium, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat buah leci untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, dilansir dari Alo Dokter.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Leci mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Mengonsumsi satu buah leci mampu memenuhi 9% kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin C dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itulah sebabnya, mengonsumsi buah ini secara rutin dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda.

2. Menyehatkan jantung

Leci kaya akan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan flavonoid, tembaga, dan kalium di dalamnya juga baik untuk kesehatan jantung.

3. Mencegah penyakit kanker

Manfaat berikutnya adalah mencegah penyakit kanker. Hal ini diyakini karena buah leci mengandung flavonoid yang cukup tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid secara rutin, selain mampu menjaga kesehatan jantung, juga bisa mengurangi risiko munculnya penyakit kanker.

Edisi-Minggu-15-Desember-2019-leci.jpg

4. Meningkatkan kepadatan tulang

Selain baik untuk kesehatan jantung, kandungan kalium yang terdapat pada buah leci juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan otot dan saraf. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti leci, juga diyakini mampu meningkatkan kepadatan tulang.

5. Mengatasi sembelit

Mengonsumsi buah leci dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Hal ini karena, kandungan seratnya dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dan melunakkan tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan.

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain dari buah ini adalah membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol pada ekstrak leci mampu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak pada perut.

Meski buah leci memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, namun jangan sampai mengonsumsinya secara berlebih. Tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan terapkan pola hidup yang sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Alo Dokter

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES