Peristiwa Nasional

Lion Air Catat Kinerja Ketepatan Waktu 80,76 Persen

Rabu, 14 Agustus 2019 - 14:14 | 55.09k
A330-900 NEO Lion Air. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
A330-900 NEO Lion Air. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTALion Air merilis kinerja tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) pada Juli 2019 mencapai 80,76 persen. Jika dikomparasi dengan waktu yang sama pada tahun 2018 (69,87%) dan 2017 (66%), ini merupakan angka tertinggi. Lalu apakah ini artinya udah nggak delay lagi?

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, data OTP 80,76 persen ini merupakan keakuratan ketepatan pesawat saat keberangkatan (departure) dan kedatangan (arrival) dalam waktu kurang 15 menit dari jadwal yang ditentukan.

"Penghitungan sesuai laporan Integrated Operation Control Center (IOCC) Lion Air Group secara tepat waktu dan bersamaan (real time)," ujarnya dalam keterangan yang diterima TIMES Indonesia, Rabu (14/8/2019).

Menurut Danang, pihaknya menerapkan berbagai langkah strategis agar operasional konsisten berada level terbaik. Di antaranya, pengaturan pergerakan penumpang dan pesawat, koordinasi intensif bersama pihak terkait guna memastikan kelancaran setiap hari, mengaplikasikan standar prosedur pengoperasian pesawat udara menurut aturan dan petunjuk dari pabrik pembuat pesawat, termasuk pemeliharaan pesawat, pengecekan komponen pesawat, pelatihan awak pesawat serta hal lainnya.

"Lion Air juga menjalankan prosedur DKPPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara), Kementerian Perhubungan RI," sebutnya.

Sementara itu, guna mempertahankan dan meningkatkan OTP, Lion Air mengimplementasikan mekanisme pengoperasian pesawat udara secara tepat, sistem terstruktur, konsistensi dan komprehensif antara perawatan pesawat (maintenance), tim operasional serta keputusan cepat (quick action) guna menentukan rotasi baru apabila ada hambatan terjadi di lapangan (irregularities) untuk meminimalisir dampak keterlambatan penerbangan.

"Lion Air mempunyai utilisasi 8-9 jam per hari, rata-rata enam pesawat menjalani perawatan (schedule maintenance) serta rata-rata lima pesawat sebagai cadangan (stand by)," jelas Danang.

Atas pencapaian OTP 80,76% tersebut, Lion Air lantas memberikan apresiasi terbaik bagi seluruh kru pesawat beserta seluruh petugas yang terlibat dalam upaya membentuk kinerja perusahaan guna meningkatkan kualitas layanan.

Pun berterima kasih kepada seluruh pelanggan atas dukungan dan kontribusinya terhadap kelancaran operasional. Dimulai dari proses pelaporan (check-in), ketika masuk ke pesawat (boarding) hingga tiba di bandar udara tujuan.

"Rangkaian itulah menjadi bagian mewujudkan ketepatan waktu penerbangan," ungkap Danang, Corporate Communications Strategic of Lion Air.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES