Peristiwa Daerah

Kirab Hurub Hambangun Praja Hari Jadi Kabupaten Blitar Kelilingi 248 Desa

Senin, 05 Agustus 2019 - 15:02 | 102.33k
Bupati Blitar Rijanto menerima Pusaka Blitar pada acara Pisowanan Agung, Senin (5/8/2019). (Foto: Sholeh /TIMES Indonesia)
Bupati Blitar Rijanto menerima Pusaka Blitar pada acara Pisowanan Agung, Senin (5/8/2019). (Foto: Sholeh /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengungkapkan bahwa rombongan Kirab Hurub Hambangun Praja sudah mengelilingi 248 desa di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

"Yang berbeda adalah Kirab Hurub Hambangun Praja yang tahun kemarin hanya berhenti di setiap kecamatan namun tahun ini di setiap kecamatan berhenti menginap satu malam," terangnya usai acara Pisowanan Agung Hari Jadi ke 695 Kabupaten Blitar, Senin (5/8/2019).

Setelah menginap di kecamatan, pusaka Blitar berupa kitab sejarah, Panji lambang daerah dan damar Hurub Hambangun Praja dikirab keliling desa desa di kecamatan tersebut.

"Hal itu agar masyarakat Blitar tahu kalau 5 Agustus adalah hari Jadi Kabupaten Blitar," tambahnya.

Suhendro menegaskan, Pisowanan Agung adalah puncak hari jadi kabupaten Blitar yang jatuh pada tanggal 5 Agustus. Pisowanan Agung juga puncak dari seluruh rangkaian kegiatan hari jadi yang sudah diawali dengan kirab Hurub Hambangun Praja pada tanggal 12 Juli 2019.

"Hari ini merupakan inti dari hari jadi dengan di tandai pisowanan Agung yang dihadiri seluruh Kepala Desa , Camat,  Muspika, OPD Serta elemen masyarakat lainnya," sambungnya

Wujud rasa syukur peringatan Hari Jadi ke 659 Kabupaten Blitar juga akan diungkapkan dalam bentuk resepsi Hari Jadi Kabupaten Blitar yang diwujudkan dalam pagelaran wayang kulit oleh dalang Purba Asmara dengan bintang tamu Lusi Brahman dan pelawak nanti malam. "Harapannya dengan acara ini, semangat Hurub Hambangun Praja itu betul betul mendarah daging ke masyarakat kabupaten Blitar. Seemangat untuk bergotong royong bersama sama bekerja keras untuk Blitar yang lebih sejahtera, maju dan berdaya saing," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES