Ekonomi

Songkok Nasional Asal Jombang, Sudah Tembus Pasar Internasional

Selasa, 30 Juli 2019 - 14:25 | 149.21k
A'dhomussjuhur saat memperlihatkan songkok nasional yang kini sudah ditekuninya dari tahun 2016 lalu. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
A'dhomussjuhur saat memperlihatkan songkok nasional yang kini sudah ditekuninya dari tahun 2016 lalu. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Produksi songkok nasional bukan hanya di daerah Kabupaten Gresik dan Kabupaten Kebumen saja. Di Kabupaten Jombang kini juga mulai menunjukkan kebolehannya dalam persaingan produksi songkok berwarna hitam tersebut hingga tembus pasar internasional.

Salah satu produsen Songkok nasional, A'dhomussjuhur misalkan, yang kini produksinya sudah tembus keberbagai luar kota dan luar negeri. "Paling ke jauh Papua, Kalimantan, Sumatra. Kalau luar negeri ke Malaysia, Arab Saudi," katanya Selasa (30/7/2019).

Adhomussjuhur-2.jpg

Warga Desa Pulugedang, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang itu melanjutkan, usahanya yang dirintisnya tersebut memang belum bisa dikatakan besar, yakni baru mulai dari Tahun 2016 lalu.

Namun, jebolan MAN Denanyar tersebut bersyukur, usahanya tersebut bisa menembus pasar Nasional dan Internasional karana sudah adanya pelayanan online.

Selain itu, laki-laki yang kini masih berusia 23 Tahun itu menjelaskan, untuk produksinya, dirinya juga berhasil membuka lapangan pekerjaan kepada warga banyak. Pasalnya, sistem produksinya mengandalkan pemberdayaan masyarakat.

"Maksudnya itu, saya ngambil dan bekerjasama dengan para pengrajin kecil atau pengrajin rumahan. Artinya, saya kerja sama dengan mereka yang mempunyai kelebihan dalam memproduksi songkok nasional tersebut," jelasnya.

Tidak hanya itu, dari hasil usahanya tersebut, anak dari pasangan Isrochi dan Umrotul Mahfudloh itu akan terus berkomitmen agar setidaknya bisa mengangkat ekonomi masyarakat di Jombang. "Untuk saat ini, saya masih berpikir agar bisa mempunyai ciri khas songkok nasional Jombang sendiri," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jombang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES