Peristiwa Nasional Info Haji 2019

Tiba di Makkah, JCH Indonesia Disarankan Tak Langsung Umrah

Senin, 22 Juli 2019 - 15:32 | 50.75k
Ilustrasi jemaah haji (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Ilustrasi jemaah haji (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2019

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Jemaah calon haji atau JCH Indonesia disarankan untuk rehat dan tidak langsung menjalankan ibadah umrah saat mereka tiba di Makkah.

Anggota tim Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH), dr Hendro mengungkapkan jika setelah sepekan operasional haji di Daerah Kerja Makkah, ia kerap mendapati jemaah kelelahan di Masjidil Haram. 

"Biasanya, karena jemaah langsung melaksanakan  umrah setibanya di Makkah. Padahal, seringkali jemaah masih dalam kondisi lelah usai menempuh perjalanan dari Madinah," tuturnya. 

Untuk itu, ia menyarankan agar sebelum melaksanakan umrah wajib, jemaah dapat mencukupi asupan makanan serta mengistirahatkan tubuhnya. Apalagi untuk jemaah lansia, idealnya lakukan relaksasi dan orientasi lingkungan terlebih dahulu.

"Jangan terburu-buru untuk umrah. Idealnya, jemaah lansia terutama, butuh waktu sekitar tiga sampai empat jam untuk berelaksasi dahulu sebelum dibawa ke Masjidil Haram," jelas Hendro. 

Sejauh ini, sudah sekitar 52.065 jemaah calon haji atau JCH Indonesia, disertai petugas, telah berada di Makkah. Jumlah itu merupakan gabungan gelombang pertama dan kedua pemberangkatan haji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES