Ekonomi

Kemenko Perekonomian Serahkan KUR Pariwisata Sebesar Rp 279 Miliar di Banyuwangi

Sabtu, 20 Juli 2019 - 11:23 | 55.38k
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Serahkan KUR Pariwisata Ke Pelaku UMKM di Banyuwangi. (Foto : Roghib Mabrur/Times Indonesia)
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Serahkan KUR Pariwisata Ke Pelaku UMKM di Banyuwangi. (Foto : Roghib Mabrur/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemerintah terus menunjukkan komitmennya untuk memajukan pariwisata Banyuwangi. Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas para pelaku wisata di Banyuwangi. Ini seiring makin mudahnya untuk mengakses modal melalui platform khusus Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pariwisata. Pada tahun ini telah dialokasikan dana sebesar Rp 279 Miliar yang disalurkan kepada 6.911 debitur di Banyuwangi. 

"KUR Pariwisata ini sasarannya adalah masyarakat. Bukan untuk investor yang besar-besar," ungkap Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Sabtu (20/07/2019).

Kementerian-Koordinator-Bidang-Perekonomian-b.jpg

Sasaran dari KUR sendiri, imbuh Darmin, adalah pelaku produksi. Seperti halnya pembuat souvenir, sektor kuliner, dan homestay. 

"Tahun ini, 60 persen tersalurkan untuk sektor produksi. Sisanya baru perdagangan. Tahun depan meningkat 70 persen. Targetnya bisa tercapai 80 persen untuk UMKM produsen," urainya.

Sementara itu, Bupati Anas sangat mengapresiasi program pemerintah pusat yang terus mendukung gerak ekonomi daerah. Anas pun menerangkan pentingnya sinergi antara pusat dan daerah dalam mengembangkan UMKM dan pariwisata, termasuk dengan penyalur KUR pariwisata.

Kementerian-Koordinator-Bidang-Perekonomian-c.jpg

“Sektor kreatif di Banyuwangi terus tumbuh seiring dengan dukungan pemerintah pusat. Presiden Jokowi punya concern menggerakkan sektor kreatif berbasis perdesaan seperti Banyuwangi, dan itu sangat membantu ekonomi masyarakat,” jelas Anas.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir, menambahkan, Banyuwangi merupakan daerah yang cukup tinggi dalam penyerapan dana KUR.

Kementerian-Koordinator-Bidang-Perekonomian-d.jpg

 “Banyuwangi merupakan daerah yang memiliki potensi pariwisata yang cukup besar. Dan itu menjadi perhatian kami untuk menyalurkan KUR di Banyuwangi,” papar Iskandar.

Iskandar menambahkan penyerahan KUR Pariwisata tersebut berupa CSR seperti alat batik tradisional, alat kuliner kopi, kuliner jajanan tradisonal, renovasi pondok pesantren putra dan putri, tabungan emas rakyat, santunan anak yatim 100 anak dari bumn. Harapannya dalam penyaluran KUR ini dapat bermanfaat pertumbuhan daerah Banyuwangi semakin baik lagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES