Peristiwa Daerah

Perangi Narkoba, Kemenpora RI Kembali Lanjutkan Pelatihan Kipan di Batam

Selasa, 16 Juli 2019 - 22:42 | 57.27k
Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (Kipan) se-Kepri di Hotel Sahid, Batam, Selasa (16/7/2019). (Foto: Kemenpora RI)
Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (Kipan) se-Kepri di Hotel Sahid, Batam, Selasa (16/7/2019). (Foto: Kemenpora RI)

TIMESINDONESIA, BATAM – Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora RI) kembali melanjutkan program pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (Kipan) kepada 200 perwakilan organisasi kepemudaan se-Kepri di hotel Sahid, Batam.

Pelatihan dengan tujuan untuk menjadikan generasi bangsa yang bebas narkoba ini digelar selama empat hari mulai Selasa (16/7/2019) hingga Jumat (18/72019) mendatang. Usai pelatihan peserta langsung dikukuhkan sebagai kader pemuda inti anti narkoba, Jumat (19/7/2019).

Salah satu panitia pelaksana pelatihan Zubert Prihantoro mengatakan, 200 peserta pelatihan ini berasal dari kabupaten Karimun, Tanjungpinang, Lingga, Bintan dan Batam. Masing-masing kabupaten kota mengirimkan 40 peserta. Mereka datang dari berbagai organisasi kepemudaan dan mahasiswa.

Tujuan kegiatan ini untuk melatih para pemuda supaya lebih paham lagi dalam hal melawan dan memerangi narkoba dengan menghadirkan narasumber dari pihak BNN, Kadispora dari kabupaten dan kota serta provinsi Kepri.

"Mereka ini jadi ujung tombak nantinya karena kader inti untuk memerangi narkoba. Mereka akan turun ke organisasi pemuda lainnya di tempat asal untuk memberikan wawasan serupa pemuda dan generasi penerus bangsa semuanya sadar bahwa narkoba itu tidak baik," ujar Zubert.

Pelatihan ini dimotori oleh Deputi Bidang Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora RI sebagai wujud implementasi Inpres nomor 6 tahun 2018 tentangan penanggulangan narkoba, yang mana harus diterapkan disetia lembaga kementerian yang ada.

Pelatihan ini dibuka oleh Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora RI Arifin Majid yang dihadiri oleh Kadispora Kepri Maifrizon.

Dalam arahannya Arifin mengatakan, pelatihan untuk pembentukan karakter generasi bangsa yang bebas narkoba ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 lalu.

Untuk tahun 2019 ini, Kepri adalah kota ketiga sebelumnya digelar di Sulawesi Utara dan Maluku. "Target pelatihan di kota-kota yang rawan dengan peredaran narkoba. Kepri salah satu karena berada di wilayah perbatasan," ujarnya.

Target dari pelatihan ini untuk menyukseskan program bebas narkoba di dalam negeri. Generasi muda yang diwakili kaum muda ini diharapkan mampu menjadi motor penggerak untuk melawan peredaran narkoba.

"Setiap tahun (data BNN Nasional, red) 18 ribu pemuda meninggal karena narkoba. Ini sangat berbahaya sebab generasi penerus bangsa terus diracuni dengan narkoba. Kemenpora RI melalui kegiatan ini bertekad akan memerangi persoalan ini," ujar Arifin.

Kepada peserta pelatihan, Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora RI ini berharap agar bisa mengikuti pelatihan Kipan ini dengan serius sehingga benar-benar bermanfaat nantinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES