Gaya Hidup

Matcha Bantu Atasi Cemas, Benarkah?

Kamis, 11 Juli 2019 - 03:44 | 47.72k
Matcha. (foto: healthline)
Matcha. (foto: healthline)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Matcha tengah populer menjadi campuran berbagai makanan dan minuman. Matcha berasal dari daun Camellia sinensis. Matcha dikenal masyarakat Jepang sejak lama memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu orang merasa rileks. Benarkah Matcha bisa mengatasi cemas?

Dalam sebuah studi yang dipimpin Dr Yuki Kurauchi dari Kumamoto University, peneliti menguji efek matcha pada tikus yang cemas. Menurut mereka, tikus yang cemas akan lebih banyak menghabiskan waktu berada di daerah aman.

Hasilnya, tikus yang mengonsumsi bubuk atau ekstrak matcha berkurang kecemasannya. Analisis farmakologis perilaku mengungkapkan, hal ini terjadi karena ekstrak matcha mengaktifkan reseptor dopamin D1 dan serotonin 5-HT1A.

"Meskipun penelitian epidemiologis lebih lanjut diperlukan, hasil penelitian kami menunjukkan Matcha, yang telah digunakan sebagai obat selama bertahun-tahun, mungkin cukup bermanfaat bagi tubuh manusia," kata Kurauchi.

Lebih lanjut, Kurauchi berharap penelitian terkait manfaat Matcha ini bisa bermanfaat untuk kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Tak hanya sebatas mengatasi cemas dan membuat rileks. (*)

sumber: Antara

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES