Ekonomi

Lamongan Mengejar Target Produktivitas Jagung 10 Ton Per Hektar

Senin, 08 Juli 2019 - 18:00 | 113.91k
Bupati Lamongan Fadeli didampingi Sekkab Yuhronur Efendi dan Prof Cholil Mahfudz, memetik jagung dalam Panen Raya jagung Hibrida, di Desa Sendang Agung, Kecamatan Paciran, Senin (8/7/2019). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Fadeli didampingi Sekkab Yuhronur Efendi dan Prof Cholil Mahfudz, memetik jagung dalam Panen Raya jagung Hibrida, di Desa Sendang Agung, Kecamatan Paciran, Senin (8/7/2019). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Bupati Fadeli menargetkan produktivitas jagung di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tahun 2019 ini bisa diatas 10 ton per hektar di semua kawasan pertanian jagung yang ada di Lamongan.

“Kita patut bersyukur, dengan Tani Jago, Lamongan saat ini menjadi tujuan studi tiru kabupaten/kota dari berbagai wilayah di Indonesia,” ujar Fadeli didampingi Sekkab Yuhronur Efendi dan Prof. Cholil Mahfudz, usai memetik jagung dalam Panen Raya jagung Hibrida, di Desa Sendang Agung, Kecamatan Paciran, Senin (8/7/2019).

Jagung-Lamongan-2.jpg

Ia pun berharap agar capaian rata-rata produktivitas Kabupaten bisa mencapai di atas 10 ton per hektar. Atas alasan itu, Fadeli meminta petani di kawasan lain dikenalkan dengan konsep pertanian jagung modern (Tani Jago). Mulai dari penggunaan benih unggul, pengolahan tanah yang benar dan penggunaan pupuk organik.

Untuk diketahui, tahun 2019 ini, adalah tahun ketiga road map Tani Jago yang digagas oleh Fadeli bersama Prof Cholil Mahfudz. Satu di antara daerah yang menerapkan Tani Jago adalah Kecamatan Paciran.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Rujito, hingga saat ini produktivitas di kawasan Kecamatan Paciran mencapai 11,1 per hektar, sementara rata-rata Lamongan 8,5 ton per hektar.

Pasa kesempatan petik jagung ini, Fadeli juga menyerahkan bantuan berupa alat pertanian seperti Combine Harvester, Dryer UV (pengering tenaga matahari) dan Traktor Roda 4.

Selain itu, juga diberikan bantuan benih varietas unggul seperti jagung hibrida, cabai dan papaya kalina kepada sepuluh perwakilan kelompok tani di kawasan Kecamatan paciran, Laren, Brondong dan Solokuro .

“Terima kasih kepada para petani yang konsisten menggunakan benih varietas unggul, sehingga produksi bisa konsisten,” tutur Fadeli usai petik jagung, di Desa Sendang Agung Kecamatan Paciran, Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES