Peristiwa Daerah

Museum Ganesya Milik Hawai Grup Segera Diresmikan Mendikbud

Sabtu, 06 Juli 2019 - 13:55 | 166.97k
Caption : Sebagian perwajahan Museum Ganesya yang menampilkan berbagai artefak dan peninggalan jaman Majapahit akan diresmikan Mendikbud, Muhadjir Effendy. (FOTO:widodo irianto/TIMES Indonesia)
Caption : Sebagian perwajahan Museum Ganesya yang menampilkan berbagai artefak dan peninggalan jaman Majapahit akan diresmikan Mendikbud, Muhadjir Effendy. (FOTO:widodo irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy akan meresmikan Museum Ganesya yang berada di kompleks destinasi wisata Hawai Waterpark, salah satu wahana dibawah pengelolaan Hawai Grup, Jumat (12/7/2019) mendatang.

Museum Ganesya adalah museum yang secara khusus dibuat untuk menyambungkan pengetahuan tentang budaya Nusantara dari soal panji, wayang hingga peradaban di zaman Majapahit.

Direktur Utama Hawai Grup, Bambang Yudho Utomo mengatakan, Hawai Grup kini memiliki empat wahana yakni Hawai Waterpark, Malang Night Paradise (MNP), Malang Smart Arena (MSA)  dan Museum Ganesya. "Khusus untuk grand opening Museum Ganesya insyaallah akan diresmikan oleh bapak Menteri," katanya.

Museum-Ganesya.jpg

Peresmiannya nanti kebetulan akan bersamaan dengan pelaksanaan Festival Panji se Dunia di Taman Krida Budaya di Jl Soekarno-Hatta, Malang. Beberapa perwakilan dari negara-negara peserta festival panji juga akan meninjau Museum Ganesya.

Selain itu sejumlah acara telah disiapkan diantaranya tari massal Topeng Bapang yang akan dibawakan oleh ratusan pelajar Sekolah Dasar dari Kota Malang. Bahkan usai peresmian akan dilanjutkan dengan diskusi Milenial dengan tema "Bukan Saya Tapi Kita".

Pembangunan Museum Ganesya ini, kata Bambang, memang sengaja diperuntukkan bagi pengunjung destinasi wisata Hawai Grup ini agar bertambah pengetahuannya tentang sejarah, perjalanan bangsa Indonesia.

Museum-Ganesya2.jpg

"Jadi tidak sekedar bersenang-senang saja. Namun unsur edukasi juga penting. Agar generasi kita tahu bahwa kebesaran bangsa ini ada sejarahnya. Ada perjalanannya dan ada ceritanya. Jadi bukan tiba-tiba seperti ini," katanya.

Berbagai artefak di jaman Majapahit dipamerkan di dalam museum itu. Mulai senjata, keris, tombak, tembikar, perhiasan sampai patung kuno.

Bukan hanya itu, berbagai rupa wayang kukit dan wayang golek sebagai salah satu sarana mensiarkan agama Islam ketika masuk ke Indonesia juga dipamerkan. Bahkan lengkap jenisnya mulai dari wayang golek Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Wahana-wahana yang menarik dan terdapat di Museum Ganesya itu, Jumat (12/7/2019) akan diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy di kompleks destinasi wisata Hawai Waterpark, salah satu wahana dibawah pengelolaan Hawai Grup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES