Gaya Hidup

Tips Mudah Merawat Rambut Kering pada Wanita

Rabu, 26 Juni 2019 - 01:21 | 210.24k
ILUSTRASI - Rambut Kering. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI - Rambut Kering. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTARambut kering memiliki ciri-ciri kasar saat disentuh, terasa kaku, mudah rontok, mudah patah, dan bercabang. Dampak lain dari rambut kering yang sering membuat seorang wanita tidak percaya diri adalah mengembangnya rambut dan membuatnya sulit untuk diatur. Bagaimana agar tehindar dari rambut kering?

Berikut adalah beberapa cara agar rambut tidak kering yang bisa Anda lakukan, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Sampo

Pilihlah sampo khusus untuk perawatan rambut rusak dan kering. Hindari keramas setiap hari, disarankan untuk keramas dilakukan 2 hari sekali. Namun bila sedang melakukan aktivitas diluar ruangan yang menyebabkan rambut menjadi kotor, maka Anda dapat keramas setiap hari. Bila diperlukan gunakan juga kondisioner yang dapat membantu menjaga kelembapan rambut.

2. Vitamin rambut

Cara ini berguna untuk membantu rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Seperti halnya sampo, pemilihan vitamin rambut ini juga perlu diketahui jenisnya yang disesuaikan dengan kondisi kerusakan rambut.

3. Peralatan rambut

Penggunaan hair dryer sebaiknya dihindari, bila memang membutuhkan rambut untuk cepat kering maka Anda bisa menggunakan kipas angin untuk membuatnya cepat kering. Selain hair dryer, peralatan rambut lainnya yang menimbulkan panas seperti catokan juga berisiko membuat rambut rusak.

4. Sisir

Menyisir rambut dengan cepat dan kasar akan membuat rambut menjadi kusut dan rusak. Oleh karena itu, cara merawat rambut kering bisa dilakukan dengan menyisir secara perlahan dan jangan menyisir rambut yang kusut karena dapat membuatnya rontok. Gunakanlah bagian yang memiliki jarak kerenggangan yang besar agar lebih mudah dalam menyisirnya.

5. Pewarna rambut

Bila ingin melakukan pewarnaan rambut, sebaiknya memilih pewarna rambut yang aman dan tidak merusak rambut. Jangan lupa baca aturan pemakaian dan keamanan penggunaan secara mendetail di kemasan produk, dan gunakan sesuai aturan pakai tersebut.

Sebelum digunakan ke rambut, Anda disarankan untuk melakukan uji tempel pada kulit terlebih dahulu. Jika pada area kulit yang dioleskan terasa gatal atau menunjukkan tanda-tanda aneh lainnya, tunda pemakaian pewarna rambut.

6. Telur

Telur adalah bahan makanan yang mengandung banyak lesitin yang membantu memperbaiki dan menguatkan rambut rusak, sehingga membuatnya lembap dan berkilau.

Caranya, campurkan 3 telur, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan ke kulit kepala dengan rambut yang sudah dibasahi sedikit. Tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit kemudian kerasmaslah dengan sampo. Cara ini sebaiknya dilakukan seminggu sekali.

7. Alpukat

Kandungan vitamin A, E dan lemak jenuh yang terdapat di alpukat dapat memperbaiki kondisi rambut rusak dan kembali menguatkan batang rambut. Cara penggunaannya, lumatkan 1 buah alpukat matang dan tambahkan dua sendok makan minyak zaitun

Oleskan campuran tersebut ke rambut yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Diamkan selama 20 menit , kemudian bilas rambut Anda hingga bersih. Cara merawat rambut kering ini bisa Anda lakukan seminggu sekali.

8. Lidah buaya

Kombinasi unik vitamin, mineral, dan asam amino yang terkandung dalam lidah buaya adalah cara merawat rambut kering yang sangat baik. Penggunaannya, Anda bisa mencampurkan mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dan dua sendok minyak kelapa. Campur semua bahan tersebut kemudian oleskan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan semalam.

9. Potong ujung rambut

Rambut kering biasanya terlihat dari ujung rambut yang rusak, seperti kering atau bercabang. Memotong ujung rambut secara rutin bisa membuat tampilan rambut menjadi lebih sehat. Perawatan rambut kering ini bisa dilakukan tiap dua hingga tiga bulan sekali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES