Gaya Hidup

Mendengarkan Musik saat Olahraga, Adakah Manfaatnya?

Kamis, 20 Juni 2019 - 04:54 | 48.42k
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang berolahraga sambil mendengarkan musik. Alasannya, musik dapat membuat mereka lebih bersemangat berolahraga. Padahal sebenarnya, banyak manfaat yang lebih luas yang bisa Anda rasakan jika mendengarkan musik saat olahraga.

Dilansir dari Klik Dokter, dr. Rio Aditya mengatakan musik dapat mengalihkan perhatian dari nyeri dan lelah. Dampaknya, ketika mendengarkan musik, Anda dapat berlari lebih jauh, bersepeda lebih lama, dan berenang lebih cepat.

Akan tetapi, demi mendapatkan manfaat maksimal dari musik, Anda tentu perlu memilih lagu yang tepat. Misalnya, tempo musik yang cepat dapat meningkatkan performa olahraga dengan meningkatkan denyut jantung. Hal ini bisa membuat aliran darah ke otak, otot, dan sendi menjadi lebih lancar.

Selain itu, dr. Rio menambahkan, sebuah penelitian pernah mengatakan bahwa orang yang duduk diam sambil mendengarkan musik favorit mampu meningkatkan kemampuan koordinasi. Ini juga semakin bermanfaat ketika sedang berolahraga. Dengan koordinasi tubuh yang baik, Anda akan mendapatkan performa terbaik dan mencegah cedera.

Nah, kini Anda dapat menyusun playlist lagu di ponsel atau pemutar musik apa pun yang Anda miliki. Sebaiknya pilih lagu yang bertempo cepat dan riang agar Anda semakin bersemangat olahraga. Mendengarkan musik saat olahraga boleh-boleh saja, tapi tetap sesuaikan dengan olahraga yang Anda lakukan dan perhatikan keadaan sekitar Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES