Kesehatan

Ibu Hamil Terpapar Asap Rokok, Ini Bahayanya untuk Janin

Sabtu, 15 Juni 2019 - 04:51 | 65.38k
ILUSTRASI - Bahaya asap Rokok untuk Kehamilan. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Bahaya asap Rokok untuk Kehamilan. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTATerpapar asap rokok bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Hal ini berlaku juga untuk janin yang masih di dalam kandungan. Bukan hanya untuk ibu hamil, paparan asap rokok juga berpengaruh untuk kesehatan bayinya nanti.

Dilansir dari Tabloid Bintang, studi terbaru mengenai pengaruh perubahan kimia terhadap DNA yang dilakukan di Pusat Kesehatan Pertahanan Nasional di Taipei, Taiwan, menyebutkan bahwa anak-anak yang terpapar asap rokok dari orang tuanya sejak berada di dalam kandungan mempunyai kemungkinan lebih besar mengidap penyakit asma di usia enam tahun.

Dalam penelitian-penelitian sebelumnya diungkapkan bahwa asap rokok mempunyai kaitan dengan meningkatnya risiko penyakit asma pada anak-anak. Namun kali ini ditegaskan bahwa paparan rokok yang memberikan dampak negatif bagi kesehatan anak sudah mulai terjadi sejak anak masih berbentuk janin di dalam kandungan.

Dalam penelitian terhadap 756 anak yang dipantau sejak dalam kandungan hingga berusia enam tahun, hampir satu dari empat anak terekspose asap rokok oleh ayah kandungnya sejak masih di dalam kandungan, dan hanya tiga orang ibu yang merokok termasuk saat hamil.

Hasilnya, 31 persen anak yang ayahnya merokok selama istrinya mengandung positif mengidap asma ketika berusia enam tahun. Dan 23 persen anak mengidap asma meski ayahnya tidak merokok.

Menurut Dr. Kuender Yang, peneliti senior di Pusat Kesehatan Pertahanan Nasional Taipei, anak-anak dari ayah yang merupakan perkokok berat (lebih dari 20 batang rokok sehari) berisiko lebih tinggi mengidap asma sebelum enam tahun.

Untuk menghindari semua risiko di atas, baik ibu hamil atau ayah perokok sebaiknya menjaga agar tidak terpapar asap rokok. Selain itu, lakukan pola hidup sehat agar bayi yang ada dalam kandungan bisa tumbuh sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES