Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Spirit Idul Fitri dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk

Rabu, 12 Juni 2019 - 12:57 | 28.34k
Spirit Idul Fitri dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk
Abdul Halim Fathani, Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang. (Grafis: TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – style="text-align:right">تَقَبَّلَ اللهُ مِنَا وَمِنْكُمْ. جَعَلَنَا الله وَإِ يَّاكَ مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ كُلُّ عَامٍّ وَأَنْتُمْ بِخَيْر

"Semoga Allah menerima amal kita semua dan semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang kembali suci dan bahagia. Semoga setiap tahun kamu dalam kebaikan"

KETIKA mendengar kata Idul Fitri, hampir dalam pikiran setiap manusia yang ada adalah kebahagiaan dan kemenangan. Idul Fitri harus dijadikan sebagai momentum yang pas untuk memulai babak kehidupan baru, setelah lulus ujian selama buan Ramadhan. Idul Fitri dapat dianalogikan seperti siswa sekolah yang berhasil melewati masa belajarnya dan telah dinyatakan lulus dan berhasil diwisuda. Pasca diwisuda, siswa tersebut harus mampu berkiprah nyata dalam masyarakat dengan bekal yang telah disiapkan selama masa belajarnya. Begitu juga setiap manusia yang telah berhasil melewati ‘masa pendidikan’ selama bulan Ramadhan, harus mampu mengarungi kehidupan baru, sejak 1 Syawal (Idul Fitri). Idul Fitri dapat juga dimaknai dengan “kembali ke fitrah, kembali kepada kesucian”. 

Dalam tulisan ini, fitrah dimaknai dengan istilah potensi kecerdasan yang ada di dalam individu manusia. Fitrah yang dibawa anak sejak lahir bersifat potensial sehingga memerlukan upaya-upaya manusia itu sendiri untuk mengembang-tumbuhkannya menjadi faktual dan aktual. Merujuk pendapat Howard Gardner (1983), bahwa sesungguhnya setiap anak dilahirkan dalam keadaan cerdas dengan membawa potensi dan keunikan masing-masing yang memungkinkan mereka untuk terus berkembang. 

Penyelenggaraan pendidikan –baik formal maupun non formal– diharapkan dapat berfungsi sebagai wahana mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan fitrahnya, yang dalam hal ini sesuai dengan potensi kecerdasannya. Ibadah dalam bulan Ramadhan (termasuk puasa) juga dapat berfungsi demikian, yakni pengembangan fitrah manusia sehingga mampu membentuk kepribadian manusia yang ideal, sebagaimana yang dicita-citakan dalam Surat al-Baqarah: 153, yakni agar menjadi orang bertaqwa.

Berdasarkan hasil risetnya, Gardner (1983) mengusulkan, sebagaimana yang ditulis dalam bukunya, Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences, bahwa kecerdasan memiliki tujuh komponen, meliputi kecerdasan linguistik, kecerdasan matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan musik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan intrapersonal. Kemudian, sesuai dengan perkembangan penelitian yang dilakukannya, Gardner lalu memasukkan kecerdasan kedelapan dalam multiple intelligences, yakni kecerdasan naturalis. 

Dengan memanfaatkan momen Idul Fitri, marilah kita mengambil spirit Idul Fitri untuk pengembangan (potensi) kecerdasan setiap manusia. Pertama, kecerdasan linguistik. Pada Idul Fitri setiap manusia tentu memiliki variasi cara berbeda untuk merayakan kemenangannya. Ada yang dengan berkumpul keluarga, untuk saling berbagi cerita hikmah, ada yang menyatakan lewat sms atau telepon, ada yang dengan khusyuk membaca takbir dan al-Qur’an sebagai wujud ekspresi kegembiraan, dll. Aktivitas itu semua bisa menjadi sarana untuk mengembangkan kecerdasan linguistik.

Kedua, kecerdasan matematis. Kecerdasan jenis ini, manusia dapat mengembangkannya lewat berbagai aktivitas yang membutuhkan logika berpikir, misalnya: penetapan tanggal 1 Syawal, manajemen pengaturan waktu untuk bersilaturrahim, manajemen finansial untuk menyambut Idul Fitri, dsb. Ketiga, kecerdasan spasial. Bagi individu yang unggul di bidang kecerdasan ini, biasanya senang untuk membuat variasi desain kartu ucapan idul fitri, memperhatikan penampilan diri, hiasan rumah, termasuk juga kendaraan yang digunakan. Untuk kecerdasan jenis ini, manusia tentu tidak boleh berlebihan. Semua harus dilakukan dalam batas kewajaran.

Keempat, kecerdasan musik. Pada malam Idul Fitri, disunnahkan untuk banyak-banyak membaca takbir. Ada yang yang dilaksanakan di masjid/mushalla atau takbir keliling. Bagi yang ingin memiliki keunggulan kecerdasan musik, tentu dapat menikmati secara maksimal dalam membaca takbir, dan biasanya dilakukan secara berkelompok. Kelima, kecerdasan kinestetik. Individu yang memiliki kecerdasan kinestetik berarti memiliki kemampuan untuk menggunakan seluruh atau sebagian dari tubuh untuk melakukan sesuatu. Hal ini bisa dilakukan seperti senang berkunjung ke rumah tetangga untuk bermaaf-maafan. Karena, ada juga individu yang senang berdiam di rumah (agar didatangi orang lain).

Keenam, kecerdasan interpersonal. Yakni kemampuan untuk mengomunikasikan dan berempati kepada orang lain. Aktivitas yang termasuk dalam kecerdasan ini adalah antar individu satu dengan individu lainnya sangat mudah untuk menghargai, saling meminta dan memberi maaf, saling berbagi kasih-sayang. Tentu hal ini dapat menjadi sarana dalam pengembangan jenis kecerdasan interpersonal. Ketujuh, kecerdasan intrapersonal. Bagi individu yang memiliki dominasi kecerdasan ini, biasanya mereka suka melakukan refleksi diri sehingga cepat menyadari kesalahan dan kekhilafan yang telah dilakukan. Karenanya, orang jenis kecerdasan ini biasanya suka mendahului untuk meminta maaf kepada orang lain.

Terakhir, kecerdasan naturalis. Kemampuan untuk mengenali menggambarkan berbagai macam yang ada di lingkungannya. Manusia yang berkecerdasan jenis ini, biasanya suka untuk memanfaatkan momen Idul Fitri dengan bepergian ke tempat-tempat rekreasi. Namun, yang perlu diperhatikan, aktivitas tersebut harus tetap dalam bingkai semangat Idul Fitri. Bisa saja, misalnya kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyaksikan keindahan ciptaan Allah swt.

Itulah uraian singkat tentang pelbagai aktivitas yang biasanya muncul pada saat Idul Fitri. Tentu masih banyak aktivitas yang belum disebutkan di atas yang dapat menjadi sarana maksimal untuk pengembangan 8 (delapan) kecerdasan majemuk sebagaimana yang digagas Gardner. Di akhir tulisan ini, penulis berdoa semoga kita semua menjadi muttaqin. Dengan momen Idul Fitri, kita dapat menjadikan spirit untuk pengembangan kecerdasan yang kita miliki. Dengan kecerdasan kita dapat membangun pendididikan dengan baik, yang akhirnya dapat mewujudkan peradaban Islam yang unggul. Amin. (*)

*)Penulis: Abdul Halim Fathani, Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id


Opini Kopi Times Abdul Halim Fathani Unisma Malang Universitas Islam Malang
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang
Reaksi Anda
KOMENTAR

EKORAN

Follow TIMES Indonesia di Google News

TIMES TV

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Pantau Banjir dari Udara

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Pantau Banjir dari Udara

06/01/2020 - 10:22

Ini Video 3D Tiga Pemenang Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara

Ini Video 3D Tiga Pemenang Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara
Wisata Dyno Park 3

Wisata Dyno Park 3
Milenial Glow Garden, Newest Wonder at Jatim Park 2 Malang

Milenial Glow Garden, Newest Wonder at Jatim Park 2 Malang
Wisata Teknologi Tinggi Funtech

Wisata Teknologi Tinggi Funtech

iGuides

  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20
  • Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    23/05/2019 - 15:05

KOPI TIMES

  • Ada Askab, Ada Papdesi, Ada Apa Banyuwangi Sebenarnya?
    Ada Askab, Ada Papdesi, Ada Apa Banyuwangi Sebenarnya?
    20/01/2020 - 08:41
  • Apakah Revisi RUU Pemasyarakatan Mempermudah Para Koruptor untuk Mendapatkan Hak Bersyarat?
    Apakah Revisi RUU Pemasyarakatan Mempermudah Para Koruptor untuk Mendapatkan Hak Bersyarat?
    19/01/2020 - 20:19
  • TGB di Kancah Nasional: Meredupkah?
    TGB di Kancah Nasional: Meredupkah?
    19/01/2020 - 16:57
  • Reintegrasi Sosial: Sebuah Metronom Penegakan Hukum yang
    Reintegrasi Sosial: Sebuah Metronom Penegakan Hukum yang "Hilang"
    18/01/2020 - 14:03
  • Anak Depresi Salah Siapa?
    Anak Depresi Salah Siapa?
    18/01/2020 - 10:14
  • Inilah Sosok di Balik Kemesraan TNI-Polri
    Inilah Sosok di Balik Kemesraan TNI-Polri
    17/01/2020 - 21:51
  • Komik Si Binsa Membumikan Nilai-Nilai Pancasila
    Komik Si Binsa Membumikan Nilai-Nilai Pancasila
    17/01/2020 - 21:16
  • Keteladanan Sang Kakek, Pembelajar Tanpa Sekolah
    Keteladanan Sang Kakek, Pembelajar Tanpa Sekolah
    17/01/2020 - 20:56
  • Realme 5i vs Redmi Note 8, Pilih Mana?
    Realme 5i vs Redmi Note 8, Pilih Mana?
    20/01/2020 - 11:48
  • Enam Alasan Kaum Buruh Tolak Omnibus Law
    Enam Alasan Kaum Buruh Tolak Omnibus Law
    20/01/2020 - 11:42
  • Pelatih Persija Bisa Rombak Susunan Pemain Asing
    Pelatih Persija Bisa Rombak Susunan Pemain Asing
    20/01/2020 - 11:40
  • Bikin Mewek, Dewi Irawan Cerita Menjelang Ria Irawan Meninggal Dunia
    Bikin Mewek, Dewi Irawan Cerita Menjelang Ria Irawan Meninggal Dunia
    20/01/2020 - 11:35
  • Pemimpin ISIS Berbobot 136 Kg Ditangkap, Diangkut Pakai Truk
    Pemimpin ISIS Berbobot 136 Kg Ditangkap, Diangkut Pakai Truk
    20/01/2020 - 11:29
  • Mundur dari Anggota Kerajaan, Pangeran Harry: Tak Ada Pilihan Lain
    Mundur dari Anggota Kerajaan, Pangeran Harry: Tak Ada Pilihan Lain
    20/01/2020 - 06:27
  • Suzuki Siapkan Mobil Pintu Geser Pesaing Gran Max, Harga Murah Banget
    Suzuki Siapkan Mobil Pintu Geser Pesaing Gran Max, Harga Murah Banget
    20/01/2020 - 04:55
  • Kisah Nenek 83 Tahun Jadi Bintang Porno, Cuma Mau dengan Pria Muda
    Kisah Nenek 83 Tahun Jadi Bintang Porno, Cuma Mau dengan Pria Muda
    20/01/2020 - 00:02
  • Warganet Bilang Suami Pengangguran, Rina Nose Beri Jawaban Menohok
    Warganet Bilang Suami Pengangguran, Rina Nose Beri Jawaban Menohok
    20/01/2020 - 06:57
  • Innova Baru Terlihat Beredar di Jalan Raya
    Innova Baru Terlihat Beredar di Jalan Raya
    20/01/2020 - 07:55