Glutera News

Sering Bingung Memulai Pembicaraan? Ini 8 Hal yang Bisa Dilakukan

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:54 | 78.03k
Ilustrasi (Foto: Gluteranews)
Ilustrasi (Foto: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Apakah Anda sering saat bersama seseorang malah saling diam selama beberapa menit bahkan sampai 1 jam? Anda bingung ingin membicarakan apa? Jadinya malah sibuk dengan smartphone masing-masing.

Jika Anda mengalami hal ini, berikut ini hal yang bisa Anda coba untuk memulai pembicaraan.

1. Apresiasi Suatu Barang

Bila Anda bingung, bisa Anda coba lihat benda-benda yang ada di kanan dan kiri. Lebih bagus lagi kalau benda itu memang milik lawan bicara Anda tersebut. Misalnya, saat Anda dan dia sedang berada di mobil, coba saja Anda apresiasi sesuatu yang ada pada mobil tersebut. Aksesorisnya, radionya, televisinya, pengharumnya, bantal jok mobilnya, dan sebagainya.

Mengapresiasi benda itu merupakan sesuatu yang biasa, wajar, tidak aneh, sehingga tentu mudah mengatakannya.

2. Tanyakan Suatu Tempat

Menanyakan di mana suatu lokasi pun merupakan pembicaraan wajar dan tidak terkesan aneh. Apalagi bila memang ada suatu tempat yang Anda tidak tahu. Seperti di mana tempat service laptop yang bagus, di mana rumah seseorang, di mana sebuah toko buku, dan sebagainya.

3. Tawarkan Bantuan

Lebih baik lagi dan bahkan dia akan suka bila kita menawarkan bantuan. Entah itu karena memang dia kesulitan, atau tidak.
Misalnya saat dia sedang membersihkan ruangan, coba saja tawarkan bantuan Anda. Katakan, “Bisa nih kamu mengangkatnya? Coba sini aku bantu.”

4. Menanyakan Pendapat Isu yang Sedang Hangat

Ini pun merupakan sesuatu yang biasa, wajar, dan tak terkesan aneh. Silahkan Anda coba cek sekarang isu apa yang sedang hangat dibahas. Yang biasanya ramai di TV ataupun social media.
Misalnya lagi ada kasus kriminal, kebijakan politik yang keliru, dan lain-lain. Coba Anda bahas faktanya, kemudian Anda berikan pendapat Anda pada fakta tersebut. Lalu, Anda coba minta pendapat ke dia, kalau menurut dia kenapa tuh penyebabnya? Dan apa solusinya?

5. Membahas Rutinitas

Biasanya rutinitas seseorang itu antara sekolah, kuliah, kerja, bisnis, rumah tangga, dan organisasi, atau yang lainnya.
Tentunya di tiap-tiap aktivitas tersebut ada tujuan yang hendak dicapai, prosesnya, dan kendala-kendalanya. Nah, silahkan Anda coba tanyakan saja hal-hal tersebut.

6. Apresiasi Karya atau Kerjanya
Apresiasi saja apapun yang ia lakukan. Tentu secara wajar, tidak lebay, dan pada tempatnya. Memang pasti setiap orang memiliki kelebihan, entah sedikit atau banyak, pasti ada. Mungkin bisa Anda gali dari rutinitas hariannya.

7. Menawarkan Peluang

Hal ini masih agak berkaitan dengan poin nomor 5. Nah, bisa jadi Anda mengetahui ada suatu peluang yang bagus untuk dia.
Misalnya bagi mahasiswa, Anda bisa memberikan informasi seputar beasiswa.
Bagi pengusaha, bisa memberikan informasi software untuk membantu aktivitas bisnisnya. Bagi ibu rumah tangga, bisa memberikan informasi barang bagus ataupun tips-trik bagus untuk membantu aktivitas rutin di rumah.

8. Menceritakan Masalah dan Meminta Solusi

Nah ini merupakan satu hal yang bisa jadi disukai oleh kedua belah pihak, baik Anda maupun lawan bicara Anda. Sekiranya Anda punya masalah, yang Anda kira dia memang mahir pada bidang masalah itu, coba Anda curhatkan masalah tersebut ke dia, dan coba minta solusinya.

Maka normalnya dia akan bersemangat menceritakan solusi-solusinya, karena memang itu bidang keahliannya, hobinya, apalagi memang rutinitas hariannya.
Tentunya setelah sudah Anda pastikan bahwa memang dia mampu membantu memberikan solusi. Karena kalau ternyata dia tidak mampu, bisa jadi justru malah dia bingung menanggapi curhat Anda.

Nah, setidaknya, begitulah 8 tips memulai pembicaraan dengan seseorang, jika Anda bingung akan membicarakan apa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES