Ekonomi

Kembangkan Sentra Jamu Gendong, Camat Kromengan Gandeng UMM

Jumat, 17 Mei 2019 - 14:42 | 157.24k
Potensi Jamu Desa Karangrejo, Kromengan saat dipamerkan pada salah satu pameran UMKM. (FOTO: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Potensi Jamu Desa Karangrejo, Kromengan saat dipamerkan pada salah satu pameran UMKM. (FOTO: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Keberadaan Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, yang selama ini dikenal sebagai sentra produksi jamu gendong di Kabupaten Malang, Jawa Timur terus dikembangkan.Seperti yang dilakukan oleh Camat Kromengan, Joanico Da Costa dengan menggandeng Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam mengembangkan sentra jamu di desa tersebut.

"Saya bersama LP3A UMM sudah menandatangani kerjasama untuk mengembangkan sentra jamu gendong di Desa Karangrejo," ujar Camat Kromengan Joanico Da Costa Kepada TIMES Indonesia, Jumat (17/5/2019).

Dia menjelaskan, bentuk kerjasama yakni dengan memberi pelatihan pembuatan jamu kepada ibu-ibu dan perempuan yang ada di desa tersebut. Melalui pelatihan itu, diharapakan kemampuan membuat jamu semakin baik.

"Sebenarnya sudah banyak ibu-ibu dan perempuan yang piawai membaut jamu. Namun, mereka tetap kami berikan pelatihan supaya keahliannya tetap terjaga," ungkapnya.

Selain itu, dia menyebut materi pelatihan pengemasan juga diberikan. Mereka diberi pelatihan cara melakukan pengemasan yang baik dan benar sesuai standartnya.

"Kemasan jamu berupa botol. Selain itu, ada pula jamu instan yang siap seduh. Keduanya perlu pengemasan yang baik dan tidak mudah rusak," kata pria ramah ini.

Selain memberikan pelatihan, UMM juga akan memberi bantuan berupa peralatan mesin mengolah jamu. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas serta kualitas jamu yang dibuat di desa tersebut.

"Sejak awal saya memang menginginkan bantuan yang diberikan itu bukan berupa uang, karena dikhawatirkan akan cepat habis. Maka dari itu dipilihlah bantuan pelatihan dan peralatan yang bermanfaat," katanya.

Camat Kromengan, Joanico Da Costa berharap melalui pemberian bantuan itu, sentra jamu gendong yang ada di Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan terus berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES