Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Tips Menjaga Puasa Ramadhan

Jumat, 17 Mei 2019 - 12:06 | 25.84k
Muhammad Yunus, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Malang. (Grafis: TIMES Indonesia)
Muhammad Yunus, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Malang. (Grafis: TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGSELAMAT berpuasa sobat semuanya. Alhamdulillah saat ini kita umat Islam sudah memasuki 10 hari kedua dari perjalanan Ramadhan 1440 H. seperti yang disampaikan Rosulullah Nabi Muhammad SAW, 10 hari kedua adalah ampunan Allah SWT. Namun demikian sepertinya ritme ibadah kita naik atau justru menurun ya. Shalat taraweh sepertinya sudah berkurang, mulai malas bangun sahur dan sebagainya. Kali ini kita akan mendapatkan paparan dari Muhammad Yunus, M.Pd. dosen Universitas Islam Malang tentang bagaimana menjaga puasa Ramadhan kita.

1. Sabar

Sabar tidak hanya ketika kita mendapatkan musibah. Sabar juga harus diekspresikan ketika kita senang dan ketika kita beribadah. Orang yang putus asa karena orang tersebut tidak sabar. Begitu juga dalam hal berpuasa, sabar harus dikedepankan dalam kondisi apapun. Karena pahala yang akan didapat selain pahala ibadah kita, juga pahala sabar itu sendiri.

2. Istiqomah

Konsisten sampai selesai adalah pekerjaan orang professional. dalam hal ibadah kita juga harus demikian bahkan terus meningkat dan jangan menurun. Apa saja yang harus dijaga, tentu yang pertama adalah puasa terus kita jaga, taraweh, shalat malam, sahur, mengaji al quran, mengikuti majlis taklim, dan bersodaqoh. Ini semua harus terus kita jaga karena beberapa amal hanya ada di bulan Ramadhan seperti taraweh.

3. Tidak tergiur dengan gemerlap mall

Lah ini yang agak susah, akahir Ramadhan biasanya ditandai sepinya masjid dan ramainya mall. Masyarakat mulai mempersiapkan diri untuk Idul Fitri. Namun demikian kita perlu mengatur waktu kapan harus ke mall kapan harus ibadah,. Jangan sampai ibadah kita kalah dengan agenda ke mall.

Itu dulu tipsnya semoga kita mampu meeningkatkan puasa kita yang akhirnya lulus menjadi manusia paripurna, yaitu orang-orang yang bertaqwa, aamiin yaa Rab. (*)

Penulis: Muhammad Yunus, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Malang.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES