Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

Babinsa Koramil 0818/23 Jabung Dampingi PPL Uji Kandungan Tanah di Desa Sidorejo Jabung

Kamis, 16 Mei 2019 - 12:03 | 91.89k
Uji tanah oleh tim dari PPL Kec. jabung di dampingi Babinsa Desa Sidorejo Jabung. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Uji tanah oleh tim dari PPL Kec. jabung di dampingi Babinsa Desa Sidorejo Jabung. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, MALANG – Babinsa Koramil 0818/ 23 Jabung Serda Eka Suwiknya bersama PPL Kec. Jabung melaksanakan uji tanah yang dilaksanakan di tanah sawah wilayah binaan yaitu di Desa Sidorejo Kec. Jabung Kab. Malang, Kamis (16/05/19).

Pada Kesempatan Tersebut Kepala Desa Sidorejo Mundir Ali, ST beserta perangkat desa dan perwakilan Kelompok Tani Mekar Jaya juga turut hadir dalam proses PUTS (Perangkat Ukur Tanah Sawah) yang ada di Areal Persawahan Dusun Glongsor Desa Sidorejo Kec. Jabung.

Koramil-0818-b.jpgPetugas PPL sedang mengambil sampel tanah untuk di Uji kandungan Unsur hara nya. (FOTO: AJP/TIMESIndonesia)

Kegiatan ini untuk mengetahui kandungan unsur hara makro yang ada di dalam tanah yaitu unsur Nitrogen (N), Phosfat (P), Kalium (K) serta pH (Keasaman) yang ada di lahan pertanian di desa tersebut.

Koordinator analis uji tanah Wahyu Lies dan Bambang menyampaikan agar para petani tidak berlebihan dalam memakai pupuk kimia, karena dari hasil penelitian di desa tersebut. Pada intinya mereka merekomendasikan ukuran dalam pemberian pupuk/ pemupukkan di sesuaikan dengan hasil uji tanah, menurut dan disesuaikan dengan ukuran serta jenis pupuk yang telah direkomendasikan.

Koramil-0818-c.jpgPengujian sampel tanah dari lahan pertanian di Dusun glongsor Desa Sidorejo jabung. (FOTO: AJP/TIMESIndonesia)

”Hasil dari uji tanah yang dilaksanakan pada hari ini akan disampaikan ke para petani dalam saat pertemuan dengan Poktan, agar hasil pertanian lebih baik dan produktivitas bisa meningkat guna mencapai target Swasembada Pangan Nasional,” ungkap Wahyu Lies.

Sementara itu Agus Selaku Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya mengucapkan terimakasih kepada Babinsa dan PPL yang selalu aktif mendampingi para petani dalam segala upaya untuk mencapai hasil pertanian yang lebih bagus dan bisa memberikan arahan kepada petani bisa bijak dan cerdas dalam pengolahan lahan pertanian demi meningkatkan kualitas hidup pertanian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES