Pendidikan

Wow! Ada 300 Beasiswa Digital Talent 2019 di Filkom UB

Kamis, 16 Mei 2019 - 14:45 | 114.63k
Wow! Ada 300 Beasiswa Digital Talent 2019 di Filkom UB
Digital Talent Scholarship Tahun 2019

TIMESINDONESIA, MALANG – Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) untuk menyelenggarakan program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019) dengan menawarkan 300 beasiswa pelatihan Fresh Graduate Academy (FGA) untuk  mahasiswa tahun akhir (sedang tugas akhir) atau lulusan dari D3, D4, S1 bidang Komputer/TIK, MIPA dan Teknik yang belum mendapatkan pekerjaan tetap.

“Untuk mahasiswa tahun akhir, dapat juga mendaftar dengan melampirkan transkrip nilai dan surat keterangan dari kampus yang menyatakan sedang mengerjakan tugas akhir,” jelas Wakil Rektor  4 Universitas Brawijaya (UB), Dr Ir Moch Sasmito Djati, M.S.

Bagi mereka yang mendaftar dan lolos seleksi akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk mengikuti pelatihan secara gratis sesuai dengan salah satu bidang minat yang dipilihnya, yaitu bidang Cyber Security (50 beasiswa), Cloud Computing (100 beasiswa), Big Data Analysis (100 beasiswa) dan Internet of Things (50 beasiswa).

Digital-Talent.jpg

Selama pelaksanaan ini, penerima beasiswa FGA mendapatkan bantuan uang saku dan bantuan biaya hidup total sebesar Rp 1.500.000.

Sementara menurut Dekan Filkom UB, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., program ini juga terbuka bagi penyandang disabilitas tuna rungu dan daksa.

“Selain itu, bagi peserta yang mengikuti program pelatihan digital ini akan mendapat sertifikasi internasional dari AWS, Cisco, Google dan Microsoft. Sertifikat tersebut dapat menjadi nilai tambah dalam bersaing di dunia kerja,” terangnya.

Program DTS 2019 merupakan salah satu program unggulan Kementerian Kominfo yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia Indonesia untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Program ini terdiri dari Fresh Graduate Academy (FGA) ditujukan bagi lulusan (sedang tugas akhir) D3, D4 dan S1 yang berasal dari jurusan TIK, MIPA dan seluruh jurusan Teknik. Akademi kedua yaitu Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang ditujukan bagi lulusan SMK.

Akademi ketiga yaitu Coding Teacher Academy (CTA) yang ditujukan bagi para guru SMK, SMA, Madrasah Aliyah serta SMALB bidang TIK (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS) dan yang keempat yaitu Online Academy (OA), program pelatihan online bagi masyarakat umum termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

Program ini diselenggarakan bersama 30 mitra universitas, 23 mitra politeknik serta 4 mitra sertifikasi internasional dari perusahaan teknologi global yaitu AWS, Cisco, Google dan Microsoft. Secara nasional, program ini memberikan total 25.000 beasiswa yang terdiri dari 6.000 beasiswa FGA, 4.000 beasiswa VSGA, 4.000 beasiswa CTA dan 11.000 beasiswa OA.

Pelatihan FGA ini akan dilaksanakan selama dua bulan mulai awal Juli hingga akhir Agustus 2019. Bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri secara online melalui website: digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/FGA paling lambat 19 Mei 2019 untuk gelombang pertama dan nanti juga akan dibuka gelombang kedua.

Penyelenggaraan program FGA ini nantinya akan berlangsung selama 144 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi dan sertifikasi.

Filkom UB dalam program ini berperan menjadi penyedia sarana dan prasarana serta instruktur pelatihan sesuai dengan skema pelatihan. Pada akhir pelatihan, peserta akan disertifikasi kompetensi oleh global tech companies.

Materi pelatihan bidang Cybersecurity mengadopsi kurikulum Cisco Network Academy yang terdiri dari CCNA Security dan CCNA Cyber Ops.

Materi pelatihan CCNA Security menekankan pada teknologi utama keamanan yang terdiri dari instalasi, troubleshooting dan memonitor perangkat jaringan untuk menjaga integrity, confidentiality dan availability data dan perangkat.

Materi pelatihan CCNA Cyber Ops bertujuan untuk mengajarkan kemampuan mengamankan jaringan komputer yang sangat berguna untuk mendeteksi dan merespon ancaman keamanan siber.

Peserta pelatihan bidang Cybersecurity akan berkesempatan mendapatkan sekaligus dua sertifikasi internasional (CCNA Security dan CCNA Cyber Ops) yang mempersiapkan peserta untuk memulai karir pekerjaan sebagai analis keamanan siber (associate level) dalam bidang Security Operations Center (SOC).

Kedua sertifikasi ini telah diakui oleh Departemen Keamanan Amerika Serikat (DoD 8570.01-M) dalam kategori Information Assurance Technical (IAT) Level 2, CSSP Analyst dan CCSP Incident Responder. 

Materi Materi pelatihan bidang Cloud Computing (CC) bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dalam mengelola sistem dan layanan berbasis cloud computing dengan menggunakan platform Amazon Web Service (AWS).

Secara garis besar, bidang pelatihan CC akan mengadopsi kurikulum AWS Cloud Practitioner dengan ditambah beberapa materi pilihan dari kurikulum AWS Solution Architect dan AWS SysOps Administrator.

Pada tahap awal, peserta akan diperkenalkan dengan konsep dasar cloud computing termasuk pengenalan layanan-layanan dasar AWS berikut dukungan dan komponen penghitungan biayanya (billing and pricing).

Pada tahap selanjutnya, peserta diajak untuk menyelami secara detail beberapa layanan penting dari AWS mulai dari layanan komputasi berbasis EC2 dan ECS, layanan penyimpanan berbasis EBS dan S3, layanan jaringan berbasis VPC, sampai layanan keamanan.

Peserta juga diajak untuk mempelajari mekanisme deployment layanan pada platform cloud computing berikut beberapa isu yang berkaitan seperti perencanaan arsitektural, migrasi, pencadangan (backup), pemulihan bencana (disaster recovery), scalability dan high availability.

Pada tahap akhir, peserta diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan materi yang telah diberikan dalam bentuk project berkelompok yang akan dipresentasikan pada pertemuan akhir pelatihan.

Materi Pelatihan di bidang big data analytic memberikan bekal peserta untuk menggali informasi dari sekumpulan data yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah di berbagai bidang, termasuk industri.

Secara umum, pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman peserta mengenai seluk beluk big data, mulai dari konsep dasar, pengelolaan data, serta pemrosesan dan analisis data untuk memperoleh informasi.

Peserta akan mendapatkan materi dalam bentuk teori dan praktek mulai dari konsep dasar big data, pemrograman Python untuk pengolahan data, penggunaan Hadoop sebagai ekosistem pengelolaan big data, teori statistika untuk membantu proses analisis data, serta berbagai model data mining untuk memperoleh pola-pola dari data berukuran besar.

Peserta juga mendapatkan materi layanan komputasi AWS Cloud sebagai layanan pengelolaan data dan implementasi aplikasi data mining. Evaluasi kepada peserta akan diberikan dalam bentuk proyek dan ujian tertulis. Sebagai tambahan, peserta juga akan mengikuti sertifikasi AWS Certified Cloud Practitioner.

Materi pelatihan bidang Internet of Things (IoT) memberikan bekal peserta untuk mengembangkan aplikasi berbasis IoT dan menstimulus lahirnya perusahaan start up berbasis IoT dari para peserta. Pelatihan IoT ini secara garis besar bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada peserta dalam perancangan sistem dan aplikasi berbasis IoT.

Peserta dibekali dengan teori dan praktik untuk membangun infrastruktur IoT sederhana mulai dari node device yang berfungsi sebagai sensor dan aktuator, gateway sebagai jembatan komunikasi ke internet dan IoT platform sebagai penyedia layanan penyimpanan serta pengelolaan data.

Khusus bagian IoT platform, secara khusus diperkenalkan teknologi cloud AWS yang menyediakan layanan cukup lengkap untuk mendukung implementasi aplikasi berbasis IoT. “Peserta berkesempatan mendapatkan sertifikat keahlian AWS Cloud Practitioner yang diakui secara internasional,” terang Ketua Pelaksana Digital Talent Scholarship Tahun 2019 Univeritas Brawijaya, Ir Heru Nurwarsito, M.Kom. (*)



Publisher : Rochmat Shobirin
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • Masjid di Kota Cirebon Dibuka Kembali untuk Pelaksanaan Shalat Jumat
    Masjid di Kota Cirebon Dibuka Kembali untuk Pelaksanaan Shalat Jumat
    29/05/2020 - 10:29
  • Liga Inggris Dimulai 17 Juni, Liverpool Butuh Dua Kemenangan untuk Juara
    Liga Inggris Dimulai 17 Juni, Liverpool Butuh Dua Kemenangan untuk Juara
    29/05/2020 - 10:21
  • Pemimpin yang Adil
    Pemimpin yang Adil
    29/05/2020 - 10:08
  • Punya 69 Kampung Tangguh, Kota Malang Siap Jalani New Normal
    Punya 69 Kampung Tangguh, Kota Malang Siap Jalani New Normal
    29/05/2020 - 10:00
  • Hujan Lebat Rendam 9 Permukiman di Kota Probolinggo
    Hujan Lebat Rendam 9 Permukiman di Kota Probolinggo
    29/05/2020 - 09:49
  • Kampung Tangguh di Gresik Juga Sediakan Lumbung Pangan, Apa Itu?
    Kampung Tangguh di Gresik Juga Sediakan Lumbung Pangan, Apa Itu?
    29/05/2020 - 09:31
  • Jelang New Normal, Fraksi PKB Situbondo Minta Pemerintah Perhatikan Pondok Pesantren
    Jelang New Normal, Fraksi PKB Situbondo Minta Pemerintah Perhatikan Pondok Pesantren
    29/05/2020 - 09:21
  • Perlunya Resolusi Baru untuk Sukseskan Penanggulangan Covid-19
    Perlunya Resolusi Baru untuk Sukseskan Penanggulangan Covid-19
    29/05/2020 - 09:02
  • Rancang Kolaborasi Dakwah, Matan Gelar Silaturahmi Digital
    Rancang Kolaborasi Dakwah, Matan Gelar Silaturahmi Digital
    29/05/2020 - 08:36
  • Badan Musyawarah Perbankan Daerah Banjarnegara Serahkan 70 Baju Hazmat.
    Badan Musyawarah Perbankan Daerah Banjarnegara Serahkan 70 Baju Hazmat.
    29/05/2020 - 08:09

TIMES TV

Sehari, Kapolresta Malang Kota Resmikan Empat Kampung Tangguh

Sehari, Kapolresta Malang Kota Resmikan Empat Kampung Tangguh

20/05/2020 - 21:40

Kemenparekraf RI: Kampung Tangguh Siap Digaungkan di Nasional

Kemenparekraf RI: Kampung Tangguh Siap Digaungkan di Nasional
Gubernur Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Narubuk Sukun Kota Malang

Gubernur Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Narubuk Sukun Kota Malang
GM FKPPI Bantu Beras 2 Ton, Minyak dan Gula Untuk MBLC

GM FKPPI Bantu Beras 2 Ton, Minyak dan Gula Untuk MBLC
Alumni Sanmar-86 Malang Bantu 40 Paket Sembako Untuk MBLC

Alumni Sanmar-86 Malang Bantu 40 Paket Sembako Untuk MBLC

iGuides

  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20
  • Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    23/05/2019 - 15:05

KOPI TIMES

  • Pemimpin yang Adil
    Pemimpin yang Adil
    29/05/2020 - 10:08
  • Perlunya Resolusi Baru untuk Sukseskan Penanggulangan Covid-19
    Perlunya Resolusi Baru untuk Sukseskan Penanggulangan Covid-19
    29/05/2020 - 09:02
  • 'Predator Kecil' dalam Desentralisasi Makin Subur
    'Predator Kecil' dalam Desentralisasi Makin Subur
    29/05/2020 - 06:30
  • Sepintas Mengapa Tanah Tercinta Papua Bergejolak
    Sepintas Mengapa Tanah Tercinta Papua Bergejolak
    29/05/2020 - 05:39
  • Jangan Gegabah Hadapi New Normal
    Jangan Gegabah Hadapi New Normal
    29/05/2020 - 04:31
  • New Normal dan Keberlanjutan Negara
    New Normal dan Keberlanjutan Negara
    29/05/2020 - 03:25
  • Kode Etik DPR RI dan Demokrasi 'Semu' Indonesia
    Kode Etik DPR RI dan Demokrasi 'Semu' Indonesia
    29/05/2020 - 02:12
  • Pentingnya Edukasi New Normal Saat atau Pasca Pandemi
    Pentingnya Edukasi New Normal Saat atau Pasca Pandemi
    29/05/2020 - 01:36
  • Jokowi Minta Agenda Strategis untuk Kepentingan Nasional Tak Boleh Terhenti
    Jokowi Minta Agenda Strategis untuk Kepentingan Nasional Tak Boleh Terhenti
    29/05/2020 - 11:08
  • Pemeriksaan SIKM di Tol Cikampek Menuju Jakarta
    Pemeriksaan SIKM di Tol Cikampek Menuju Jakarta
    29/05/2020 - 11:05
  • Acara Diskusi di UGM Soal Pemecatan Presiden Dikecam, Netizen: Tak Beretika
    Acara Diskusi di UGM Soal Pemecatan Presiden Dikecam, Netizen: Tak Beretika
    29/05/2020 - 11:05
  • Rumah Tangga Nikita Mirzani dan Dipo Latief Berantakan Gara-gara Kuproy
    Rumah Tangga Nikita Mirzani dan Dipo Latief Berantakan Gara-gara Kuproy
    29/05/2020 - 11:05
  • Pokemon Go Fest Akan Diadakan Secara Online Tahun Ini
    Pokemon Go Fest Akan Diadakan Secara Online Tahun Ini
    29/05/2020 - 11:00
  • Ajaib, Sejak 20 Tahun Lalu Pria Ini Ditafsir Tawaf Sendirian di Kabah
    Ajaib, Sejak 20 Tahun Lalu Pria Ini Ditafsir Tawaf Sendirian di Kabah
    29/05/2020 - 04:40
  • Jangan Keliru, Gejala COVID-19 pada Anak Bukan Ditandai dengan Batuk
    Jangan Keliru, Gejala COVID-19 pada Anak Bukan Ditandai dengan Batuk
    29/05/2020 - 05:10
  • Selain Sembako, Ini Daftar Bansos Pemerintah Pusat saat Pandemi Corona
    Selain Sembako, Ini Daftar Bansos Pemerintah Pusat saat Pandemi Corona
    29/05/2020 - 00:30
  • Identitas 4 Oknum Pemicu Kerusuhan di Minneapolis, Memang Polisi Kotor
    Identitas 4 Oknum Pemicu Kerusuhan di Minneapolis, Memang Polisi Kotor
    29/05/2020 - 06:07
  • Kekerasan Seksual dan Sikap Cabul Tentara Pria Bikin Aib Militer AS
    Kekerasan Seksual dan Sikap Cabul Tentara Pria Bikin Aib Militer AS
    29/05/2020 - 06:00