Kesehatan

Agar Tetap Sehat, Hindari Makanan Enak Ini saat Sahur

Selasa, 14 Mei 2019 - 03:19 | 70.64k
ILUSTRASI - Memasak di Dapur. (FOTO: shutterstock)
ILUSTRASI - Memasak di Dapur. (FOTO: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sama halnya dengan berbuka puasa, menu makan sahur di bulan Ramadhan ini juga perlu diperhatikan. Tidak semua makanan enak baik dikonsumsi saat sahur. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya kita batasi konsumsinya.

1. Mie instan

Tingginya kandungan natrium di dalam mie instan bisa saja membuat tekanan darah naik, apalagi jika kita sering mengonsumsinya. Selain itu, jika kita hanya makan mie instan, kita hanya akan mengonsumsi kalori dalam jumlah yang banyak namun tidak mendapatkan asupan nutrisi lainnya seperti serat, vitamin, zat besi, mineral, dan lain-lain.

Memang, kalori bisa menjadi sumber energi, namun jika kita tidak mendapatkan nutrisi lainnya, tubuh tidak akan kuat menjalani puasa seharian.

Jika memang kita ingin mengonsumsi mie instan sesekali, boleh-boleh saja dilakukan. Hanya saja, pastikan untuk menambahkan sayur, telur, daging, dan bahan-bahan makanan sehat lainnya demi menambah asupan nutrisi yang sehat.

2. Roti tawar

Sebenarnya, roti tawar termasuk dalam makanan yang tinggi kandungan karbohidrat yang bisa mengenyangkan tubuh. Sayangnya, kandungan karbohidrat ini adalah karbohidrat sederhana yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat namun kemudian bisa membuatnya turun kembali dengan cepat. Jika sampai hal ini terjadi, maka tubuh akan lebih cepat lapar dan lemas saat berpuasa.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi roti gandum yang tinggi serat sehingga bisa membuat energi tubuh bertahan lebih lama. Hanya saja, jangan lupakan asupan nutrisi lain demi membuat tubuh semakin berenergi dan sehat.

3. Makanan cepat saji

Bagi mereka yang sibuk atau tidak menemukan tempat makan, makanan cepat saji bisa menjadi solusi untuk dijadikan santap sahur. Rasanya juga biasanya enak dan mengenyangkan. Sayangnya, makanan cepat saji cenderung tinggi kandungan lemak yang akhirnya bisa memicu datangnya masalah gangguan pencernaan.

Selain itu, kandungan lemak yang tinggi ini bisa menyebabkan datangnya masalah kolesterol tinggi. Ditambah dengan adanya kandungan natrium yang bisa menyebabkan peningkatan darah, sering mengonsumsinya tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung.

4. Pizza

Rasanya yang enak bisa membuat kita ingin terus mengonsumsi pizza meski sebenarnya perut sudah kenyang. Padahal, satu potong pizza sudah memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat tinggi. Sebagaimana makanan cepat saji, makan pizza juga akan memicu gangguan pencernaan yang tentu akan membuat ibadah puasa menjadi terasa tidak nyaman.

5. Sereal

Banyak orang yang makan sereal untuk sarapan sehingga berpikir jika makanan enak ini juga cocok untuk dikonsumsi saat makan sahur pada bulan Ramadhan  Sayangnya, sereal cenderung rendah serat, tinggi gula, dan bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Tingginya kandungan gula di dalam sereal juga berpotensi menyebabkan kenaikan kadar gula darah dan risiko diabetes yang berbahaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES