Gaya Hidup

Catat! Ini Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 02 Mei 2019 - 05:05 | 211.74k
Bawang putih. (FOTO: Klikdokter)
Bawang putih. (FOTO: Klikdokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bawang putih memiliki aroma dan rasa yang khas. Sebagai bumbu dapur, bawang putih bisa memberikan rasa yang khas pada masakan. Selain manfaatnya untuk memasak, bawang putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat bawang putih?

Beragam penelitian pernah dilakukan untuk menelusuri manfaat bawang putih. Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat bawang putih yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah pilek

Melansir Healthline, sebuah studi besar yang berlangsung selama 12 minggu menemukan bahwa suplementasi bawang putih dapat mengurangi kasus pilek sebanyak 63%. Selain itu, ditemukan juga bahwa orang-orang yang mengonsumsi suplementasi bawang putih bisa terbebas dari gejala pilek hanya dalam 1,5 hari saja.

Meski studi-studi tersebut masih belum dapat dijadikan acuan, bawang putih tetap dapat Anda jadikan sebagai pengobatan alami untuk mencegah sekaligus pilek maupun masuk angin (common cold).

2. Mengoptimalkan tekanan darah

Penelitian menyebutkan, pemberian ekstrak bawang putih pada orang-orang yang mengalami hipertensi mampu menurunkan tekanan darah ke rentang optimal. Peneliti menyebut, 600–1500 miligram ekstrak bawang putih memiliki efek yang hampir serupa dengan obat Atenolol dalam hal mengurangi tekanan darah selama periode 24 minggu.

3. Menurunkan kadar koleterol

Pada suatu studi disebutkan bahwa ekstrak bawnag putih mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan kolesterol jahat (LDL) sekitar 10–15% pada orang-orang dengan kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol jahat (LDL) yang rendah dikaitkan dengan risiko hipertensi, diabetes mellitus, penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke yang lebih minimal.

4. Mencegah kanker paru

Konsumsi bawang putih mentah yang sudah dicuci bersih dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru. Hasil studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention menemukan bahwa responden yang mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak dua kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru sebesar 44%.

5. Mengatasi infeksi jamur

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh lainnya adalah mengatasi infeksi jamur. Kandungan allicin yang ada pada bawang putih mampu mengaktifkan enzim-enzim yang bertugas membuag racun dari dalam tubuh. Allicin itu sendiri merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas menyebabkan kerusakan pada tubuh, termasuk pada organ hati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES