Peristiwa Daerah

Grebeg Tengger Tirto Aji, Ritual Suci Pengambilan Air di Sumber Wendit

Minggu, 28 April 2019 - 13:46 | 307.32k
Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi MM saat mengambil air suci di Sendang Widodaren (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi MM saat mengambil air suci di Sendang Widodaren (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ritual Grebeg Tengger Tirto Aji kembali dilakukan di Sumber Wendit, Desa Mangliawan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (28/4/2019).

Ritual yang rutin diadakan tiap tahun ini merupakan ritual pengambilan air suci yang dilakukan di mata air Sendang Widodaren yang ada di area Sumber Wendit. Pengambilan air suci dilakukan Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM.

Setelah diambil menggunakan gayung dari kayu, kemudian ditaruh di tempat air terbuat dari tanah liat yang dibawa oleh tujuh bidadari.

Ritual dilanjutkan dengan rebutan tumpeng dan larung sesaji hasil bumi ke tengah sumber.

Larung sesaji dilakukan mengguanaka perahu dan melepas hasil bumi ke tengah-tengah sumber. Ritual ini diikuti masyarakat Suku Tengger dari berbagai daerah.

Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi MM mengapresiasi terselenggaranya ritual ini.

"Ritual yang dilakukan rutin tiap tahun ini dalam rangka melestarikan kebudayaan tradisional," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ritual ini sebagai bentuk syukur dari masyarakat Suku Tengger, atas limpahan rizki dari Tuhan yang Maha Esa.

“Tentunya melalui ritual ini, masyarakat Suku Tengger juga berdoa sekaligus berharap supaya di masa akan datang juga tetap diberi kelimpahan rizki,” urainya.

Menurutnya, tradisi masyarakat Tenngger terkenal memiliki daya tarik tersendiri.

"Dengan ritual ini diharapkan mampu memperkuat image adat suku Tengger yang memberikan kontribusi maksimal kepada masyarakat Kabupaten Malang,” katanya

Menurutnya, ritual Grebeg Tengger Tirto Aji di Sumber Wendit ini sudah masuk dalam kalender event wisata Disparbud Kabupaten Malang yang diharapkan dapat semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES