Kesehatan

Awas! Berlebihan Makan Pepaya Berdampak Buruk untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, 26 April 2019 - 05:22 | 79.15k
ILUSTRASI (FOTO: Lifestyle Okezone)
ILUSTRASI (FOTO: Lifestyle Okezone)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pepaya termasuk buah sehat yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat pepaya antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, serta mengurangi risiko alzheimer. Meski kaya manfaat, Anda harus hati-hati mengonsumsi pepaya. Berlebihan makan pepaya bisa menimbulkan efek buruk, lho!

Dilansir Livestrong, pepaya dapat memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Pepaya kaya akan serat di dalamnya. Ia mampu memenuhi 10 persen kebutuhan kalori harian, dan ini merupakan hal yang positif karena bisa mencegah sembelit. Tapi apabila dimakan terlalu banyak, bisa-bisa pencernaan Anda akan mengalami masalah.

Selain itu beragam nutrisi dan senyawa dalam pepaya dapat berubah seiring proses pematangannya. Banyak dari zat tersebut bisa berdampak pada rahim dan kesuburan pria dan wanita. Contohnya saja lateks, kandungan ini dianggap dapat memengaruhi rahim dan siklus menstruasi.

Sementara itu, pepaya mentah mengandung tinggi lateks. Nah, lateks ini bisa menyebabkan kontraksi sehingga makan banyak pepaya, terutama pepaya mentah, bahaya bagi ibu hamil.”

Selain hal di atas, enzim papain yang ada di dalam pepaya dapat menekan progesteron jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Akibatnya bagi pria bisa mengalami penurunan jumlah sperma.

Sebaiknya konsumsilah pepaya dalam jumlah yang wajar agar manfaat pepaya bisa terserap dengan baik. Meski memiliki rasa yang nikmat, berlebihan makan pepaya justru dapat berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES