Gaya Hidup

Tak Perlu Perawatan Mahal, 7 Buah Ini Bisa Mencerahkan Kulit

Minggu, 21 April 2019 - 06:39 | 223.14k
ILUSTRASI - Manfaat buah Alpukat untuk Kecantikan. (FOTO: Cosmopolitan Indonesia)
ILUSTRASI - Manfaat buah Alpukat untuk Kecantikan. (FOTO: Cosmopolitan Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ingin memiliki wajah cerah tidak harus melakukan perawatan wajah mahal di salon. Anda bisa mendapatkan wajah cerah dengan makan buah-buahan. Buah apa yang bisa mencerahkan kulit?

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya vitamin A, E, C, K, B6, B1, folat, dan asam pantotenat. Selain itu, alpukat memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan DNA dalam sel tubuh termasuk mencegah kerusakan sel kulit.

Bukan hanya itu, alpukat adalah buah yang kaya lemak sehat. Lemak sehat dalam alpukat inilah yang dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan iritasi atau luka. Maka itu, alpukat merupakan buah yang sangat ampuh membentuk kulit wajah yang cerah alami.

2. Timun

Timun adalah buah yang sangat banyak mengandung air. Karena tingginya kadar air pada timun, ini membuat timun memiliki efek menyejukkan yang baik bagu tubuh. Ditambah lagi timun memiliki sifat antioksidan kuat yang bisa menjadi pelindung sel-sel tubuh.

Timun yang tidak dikupas sangat kaya akan vitamin K, C, serta serat makanan yang dibutuhkan tubuh.

Bahkan seperti dimuat dalam Asian Pacific Journal Tropical Medicine, timun dianggap sebagai buah yang dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi kerutan.

Karena efek tersebut, timun bisa membantu mencerahkan warna alami kulit.

3. Pepaya

Buah yang terkenal dengan manfaatnya mencegah sembelit ini bukan hanya baik untuk pencernaan. Makan pepaya pun bisa membuat kulit Anda akan lebih glowing secara alami.

Pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, C, asam pantotenat, folat, tembaga, magnesium, serta kalium.

Pepaya juga mengandung enzim yang membantu mencegah kerusakan kulit dari radikal bebas dan sebagai anti bakteri. Enzim ini adalah enzim papain, dan chymopapain.

Karena enzim inilah pepaya membuat pertahanan sel kulit semakin kuat dan tidak mudah rusak. Ditambah lagi, vitamin-vitamin di dalamnya membantu mencerahkan rona wajah secara alami. Maka itu pepaya jadi buah yang sangat penting untuk mencerahkan kulit

4. Mangga

Rasa yang manis dan asam dengan tekstur lembut membuat mangga jadi buah yang disukai banyak orang. Mangga adalah buah yang kaya dengan vitamin A, E, C, dan K. Bukan hanya itu, komponen antioksidan di dalam mangga pun sangat banyak, ada flavonoid, beta karoten, dan xanthophylls.

Karena komponen-komponen itulah, mangga dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan DNA dan peradangan pada kulit. Karena kulit lebih terlindungi, cerah alami kulit pun akan tetap terjaga sepanjang hari dengan mangga.

Karena mangga mengandung antioksidan tinggi, sekarang ini mangga juga semakin sering digunakan dalam industri kosmetik dan skincaresebagai komponen dalam produk untuk kulit dan rambut.

5. Apel

Peribahasa tentang makan satu buah apel sehari, dapat menjauhkan Anda dari penyakit ternyata memang bukan kabar burung. Kandungan vitamin A, C, kalium, kalsium, dan magnesium apel inilah yang jadi kekuatan utamanya. Paduan vitamin A dan C ini pula yang bisa membantu mencerahkan warna kulit Anda secara alami.

Bagian buah maupun kulit apel juga kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas berbahaya bagi sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Kulit jadi jauh lebih sehat dengan makan apel secara rutin.

6. Pisang

Siapa yang tidak kenal dengan buah kaya serat satu ini? Pisang merupakan buah yang juga kaya akan vitamin A, C, E, K, serta mineral seperti kalium, kalsium, fosfor dan magnesium.

Semua vitamin dan mineral ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kelancaran proses metabolisme dalam tubuh. Namun bukan hanya itu, pisang ternyata dikenal sebagai pelembab alami yang memiliki sifat antioksidan dan antimikroba.

Maka itu, pisang dipercayai sebagai buah yang bisa membuat kulit glowing secara alami alias bisa mencerahkan kulit tanpa perlu repot.

7. Lemon

Lemon adalah buah yang memiliki zat pemutih alami. Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidannya yang sangat kuat membantu mengeluarkan racun dan melindungi kulit dari hiperpigmentasi.

Jadi, kalau terdapat pigmentasi yang tidak merata, bintik-bintik hitam, bekas jerawat lemon bisa jadi solusinya. Anda bisa menggunakan lemon di dalam minuman sehari-hari untuk mendapatkan efeknya secara optimal. Dengan begitu, lemon akan mencerahkan kulit Anda secara alami. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES