Peristiwa Internasional

Seminggu Jelang Pemilu Luar Negeri di Sydney, GWJ Sosialisasi Pencoblosan

Minggu, 07 April 2019 - 21:44 | 129.69k
Suasana sosialisasi pemilu luar negeri di Sydney. (Foto: GWJ for TIMES Indonesia)
Suasana sosialisasi pemilu luar negeri di Sydney. (Foto: GWJ for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SYDNEY – Warga Negara Indonesia di Sydney,  Australia, antusias menyambut Pemilu Luar Negeri yang akan berlangsung mulai 13 April nanti.  Antusiasme itu antara lain ditandai dengan sosialisasi cara pencoblosan surat suara.

Sosialisasi itu dilakukan mereka yang tergabung dalam Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ) Sydney, Projo, PKPI, GKJ, dan SIMA. Acara dihelat di Balmain Tawn Hall, Darling Street, New South Wales, Sabtu (6/4/2019).

Di Indonesia Pemilu serentak digelar 17 April mendatang. Di negara Kangguru ini Pemilu untuk Presiden dan Legislatif digelar lebih awal. Yakni hari Sabtu, 13 April mendatang.

“Pemilu kali ini sangat berbeda dengan pemilu sebelumnya. Mulai dar kertas suara dan cara memilih pilihan baik capres maupun legeslatid. Banyak pemilih yang kurang paham. Untuk itu kita terus melakukan sosialisasi sesuai dengan aturan KPU Pusat,” terang Ketua Panitia, Lydia Ratu. 

Lydia Ratu menegaskan, sosialisasi yang di kemas dalam acara Gebyar Musik itu menitikberatkan pemahaman kertas suara. Di mana hal ini sangat diperlukan. Apalagi menurut pantaun dia, animo pemilih di Sydney kali yang sangat tinggi.  

“Sayang sekali jika pemilih melakukan kesalahan pencoblosan dan menyebabkan suara tidak sah. Apa yang kita lakukan ini tidak lain juga mendukung penyelenggara Pemillu, di Sydney yang sudah beberapa kali juga melakukan sosialisasi,” terang wanita yang sehari-hari dipanggil Tiur. 

Tiur yang juga salah satu penggerak GWJ ini menambahkan, sebelumnya telah menggelar Talk Show dengan mendatangkan  Calon Legislatif Okky Asokawati dan Budiman Sudjatmiko.  

Akhir Maret lalu Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Sydney telah melakukan sosialisasi di The Gumbramurra, Addison Road, Marricvile, NSW. 

Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) di Wilayah New South Wales, Queensland, dan South Australia, total adalah  25.381 orang.  Terdiri  dari pemilih wanita 14.123 orang dan pria 11.258 orang. Mereka akan memberikan suara pada Pemilu Luar Negeri mulai 13 April nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES