Politik

MUI akan Keluarkan Maklumat soal Golput Haram

Selasa, 26 Maret 2019 - 13:52 | 82.45k
Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Gresik, KH. Ainur Rofiq Thoyib saat menghadiri sosialisasi KPUD Gresik di Kompleks Masjid Agung Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Gresik, KH. Ainur Rofiq Thoyib saat menghadiri sosialisasi KPUD Gresik di Kompleks Masjid Agung Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Majelis Ulama Indonesia atau MUI Kabupaten Gresik, Jawa Timur akan mengeluarkan maklumat berisi anjuran untuk memilih dalam Pemilu 2019 dan fatwa golput haram.

Maklumat itu akan dikeluarkan dalam waktu dekat, Maklumat itu akan dikirimkan kepada masing-masing pengurus MUI yang berada di seluruh Gresik.

"Termasuk tokoh-tokoh agama agar menyampaikan di masing-masing tempat, seperti masjid dan mushola," kata Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Gresik, KH. Ainur Rofiq Thoyib, Selasa (26/3/2019).

Dia memaparkan alasan mengeluarkan fatwa tersebut karena memilih pemimpin adalah wajib hukumnya. Kesepakatan yang dikeluarkan demi kemaslahatan umat.

"Sebagian besar ulama sepakat bahwa mencoblos adalah wajib, bagi siapa yang tidak mengikuti mayoritas ulama melawan tidak menyoblos berati termasuk maksiat, menentang kesepakatan ulama itu termasuk haram," paparnya.

Dalam perjalanannya, meski sudah mengeluarkan fatwa golput haram tetapi angka golput di setiap gelaran Pemilu masih juga tinggi.

"Makanya kami menganjurkan ummat islam untuk memilih pemimpin sesuai hati nurani pada 17 April mendatang," ucap dia, menanggapi akan dikeluarkannya maklumat soal golput haram oleh MUI Kabupaten Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES