Peristiwa Daerah

Wawali Kediri: Program Kerja TPAKD untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Senin, 25 Maret 2019 - 15:57 | 139.69k
Rapat koordinasi program kerja TPAKD (FOTO: Pemkot Kediri for TIMES Indonesia)
Rapat koordinasi program kerja TPAKD (FOTO: Pemkot Kediri for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Wakil Wali (Wawali) Kota Kediri, Lilik Muhibbah, membuka Rapat Koordinasi Program Kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Kediri tahun 2019. Rapat koordinasi dilaksanakan di Ruang Kilisuci Pemerintah Kota Kediri, Senin (25/3/2019). Program TPAKD untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

Dalam sambutannya, Lilik Muhibbah mengatakan inklusi keuangan telah menjadi salah satu kebijakan pemerintah dalam mendukung pembangunan nasional Indonesia. Inklusi keuangan mendorong ekonomi bergerak lebih cepat.

Seperti contoh memberi kemudahan akses modal UKM akan membantu meningkatkan kapasitas usahanya. Salah satu sasaran RPJMN 2015-2019 adalah penguatan sektor keuangan. Yaitu dengan meningkatnya akses dan literasi masyarakat terhadap layanan jasa keuangan formal dalam kerangka pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan.

Rapat-TPAKD-Kediri-1.jpg

“Untuk itu dalam upaya percepatan akses keuangan daerah perlu adanya sinergitas antara pemerintah pusat maupun daerah dengan instansi dan stakeholder lain yang terkait,” ujar Lilik Muhibbah selaku Pembina TPAKD Kota Kediri.

Dalam mewujudkan hal tersebut, lanjut wanita yang akrab disapa Ning Lik ini, Pemkot Kediri telah membentuk TPAKD Kota Kediri. “Saya berharap keberadaan TPAKD Kota Kediri ini dapat menemukan solusi dan terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih proaktif bagi masyarakat.  Sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Ning Lik mengungkapkan dalam rakor TPAKD tahun 2019 ini membahas beberapa hal. Diantarannya sinkronisasi perencanaan program dan kegiatan TPAKD, memperoleh masukan dan solusi untuk mengatasi peluang dan tantangan akses keuangan masyarakat, melakukan sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat dan stakeholder program literasi dan inklusi keuangan, dan membuat dan merumuskan rekomendasi kebijakan program percepatan akses keuangan.

Rapat-TPAKD-Kediri-2.jpg

Dalam kesempatan yang sama, Pengarah I TPAKD Kota Kediri Bambang Supriyanto melaporkan program kerja TPAKD Kota Kediri selama tahun 2018. Beberapa program telah dilakukan TPAKD untuk mempercepat akses keuangan daerah.

Pertama, kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui literasi dan inklusi keuangan di Lembaga Keuangan Mikro Syariah Berkah Rizqi Ponpes Lirboyo. Kedua, peran perempuan dalam peningkatan akses keuangan daerah melalui penguatan infrastruktur akses keuangan di PD BPR Kota Kediri.

Ketiga, pemberdayaan guru TPQ, Madin, dan Sekolah Minggu di Kota Kediri melalui literasi dan inklusi keuangan dengan perluasan akses keuangan melalui pembukaan 2015 rekening di PD BPR Kota Kediri.

Rapat-TPAKD-Kediri-3.jpg

Keempat, pemberdayaan pengusaha muda start up melalui akses keuangan di sektor pasar modal dan pegadaian dengan perluasan akses melalui pembukaan 22 rekening tabungan emas PT Pegadaian.

Kelima, workshop kewirausaan melalui bimtek PIRT dan pengelolaan keuangan usaha. _Keenam_, program berkelanjutan implementasi tabungan simpanan pelajar (Simpel OJK) dengan nilai akses keuangan sebesar 1 triliun 326 miliar dengan 8623 rekening.

Bambang Supriyanto yang juga menjelaskan untuk tahun 2019 TPAKD memiliki kebijakan strategis yaitu akses keuangan bagi UMKM dan masyarakat kecil di daerah terpencil yang diimplementasikan melalui optimalisasi peran TPAKD dan Satgas Waspada Investasi.

Rapat-TPAKD-Kediri-4.jpg

Untuk mencapai tujuan tersebut, telah dirumuskan beberapa kegiatan seperti percepatan akses keuangan daerah, survey nasional literasi dan inklusi keuangan, serta sinergi aksi dalam rangka mendorong tingkat inklusi nasional sebesar 75 persen.

“Untuk percepatan akses keuangan daerah dapat diimplementasikan melalui bisnis matching, strategic coordination, kajian potensi unggulan, sistem pelaporan TPAKD terintegrasi, dan MoU antar lembaga. Untuk lebih memperkuat program tersebut kita juga ada program tematik melalui program akselerasi peningkatan kepemilikan rekening tabungan dan program kredit melawan rentenir,” jelas Bambang Supriyanto yang juga menjabat Kepala OJK Kota Kediri.

Rapat Koordinasi Program Kerja TPAKD Kota Kediri tahun 2019 diikuti oleh Kepala KPWBI Kediri Musni Hardi Kasuma, Kepala BPS Kota Kediri Ellyn T. Brahmana, Kepala Disperdagin Kota Kediri, Yetty Sisworini, Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri Kristianto, Kepala Bagian Perekonomian Kota Kediri Bambang Priyambodo, dan Kepala Lembaga Jasa Keuangan di wilayah Kediri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES