Peristiwa Daerah

Dua Korban Hilang Longsor di Bantul Ditemukan

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:29 | 50.92k
Tim pencari korban longsor tengah bekerja. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
Tim pencari korban longsor tengah bekerja. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAKorban longsor di Dusun Kedung Buweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul DIY akhirnya ditemukan Rabu sore (20/3/2019). Dua korban tersebut adalah Ruffi Kusuma Putri, 9 tahun dan Eko Supratmi, 45 tahun.

Dengan ditemukan dua korban tersebut maka total korban meninggal 5 orang akibat bencana banjir dan tanah longsor yang melanda wilayah Kabupaten Bantul dan sekitarnya.

Tiga korban lainnya adalah Painem, 70, warga Numpukan Desa Karangtengah, Imogiri, Bantul; Siswosudarsono, 56, warga Dusun Nogosari Desa Selopamioro, Imogiri; dan Sudiatmojo, 80 tahun, warga Kedungbuweng Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, korban Rufi berhasil dievakuasi dari timbunan tanah sekitar pukul 15.30 WIB dan korban kedua ditemukan sekitar pukul 15.50 WIB. Kedua korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

“Korban langsung dibawa ke RS Bhayangkara untuk diotopsi,” kata Dwi.

Ketika ditemukan tubuh korban sudah dalam keadaan membiru. Kedua korban ditemukan di dalam rumah yang tertimpa material longsoran.

Sulitnya pencarian korban karena keduanya tertimbun cukup dalam yaitu 4-5 meter. Tanah longsoran yang menimbun keduanya cukup dalam karena material terus turun sejak Senin (18/3/2019).

Setelah korban ditemukan, untuk sementara proses evakuasi dihentikan. Namun esok hari proses pembersihan puing-puing longsoran akan terus dilakukan. Di samping juga nanti akan ada upaya pencegahan longsor susulan dengan menutup area longsor menggunakan terpal.

“Kita akan berusaha melakukan pencegahan lebih lanjut,” papar Dwi.

Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto mengatakan, pasca-evakuasi kedua jenazah korban ini kemudian dibawa ke RS Bhayangkara Polda DIY. Proses pencarian terhadap dua korban tertimbun longsor ini dilakukan selama tiga hari.

Puluhan personel SAR gabungan bersama TNI dan Polri dikerahkan dalam proses pencarian. Proses pencarian dua korban ini pun menggunakan tiga alat berat berukuran kecil. “Bersyukur korban longsor telah ditemukan,” jelas Pipit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES