Peristiwa Daerah

Ramaikan 'Tuman', Seperti Ini Meme Tuman Versi Gubernur Jatim Khofifah

Sabtu, 16 Maret 2019 - 20:35 | 752.01k
Meme Tuman Versi Gubernur Jatim Khofifah
Meme Tuman Versi Gubernur Jatim Khofifah

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sepekan terakhir meme- meme tuman viral di jagat media sosial. Meme tersebut menyajikan ilustrasi gambar lengkap dengan narasi sarkas nan kocak dan diakhiri dengan ucapan "Tuman".

Tidak ingin ketinggalan Gubernur Jatim Dra Hj Khofifah Indar Parawansa pun turut mengunggah meme Tuman versi dirinya lewat akun Instagram @khofifah.ip miliknya.

Tuman sendiri diambil dari bahasa Jawa dan sudah diserap menjadi bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Tuman mengandung arti gemar atau menjadi biasa (suka, gemar, dan sebagainya) sesudah merasai senangnya, enaknya, dan sebagainya.

meme-Khofifah-dan-Tuman-1.jpg

Khofifah menyindir sejumlah kebiasaan sehari-hari kebanyakan orang dengan menggunakan bahasa khas Jawa Timuran.

"Tuman versi Khofifah. Hayooo ngaku sopo ae sing seneng Tuman...? Tag wong'e. Sugeng kumpul keluargo," tulis Khofifah dalam caption yang diunggah Sabtu (16/3/2019) sekitar pukul 17.10 WIB.

Meme tersebut diantaranya berbunyi "Apal jenenge youtuber ambek artis drakor, tapi gak apal Pancasila. Tuman !" (hafal nama youtuber dan arti drama korea tapi tidak hafal Pancasila. Kebiasaan).

meme-Khofifah-dan-Tuman-2.jpg

"Jarene pingin Jawa Timur bebas banjir, tapi jek buak sampang ndik kali. Tuman!" (Katanya ingin Jawa Timur bebas banjir, tapi masih buang sampah di sungai. Kebiasaan!).

Ada juga tentang Pilpres 2019.  "Geger mergo Pilpres, sampek lali nek sedulur setanah air. Tuman!" (Bertengkar karena Pilpres sampai lupa kalau kita saudara setanah air. Kebiasaan!).

Tak ayal meme-meme tersebut viral dan dibanjiri banyak komentar netizen.

Mayoritas menganggap Mantan Menteri Sosial tersebut gaul dan mengikuti perkembangan kekinian media sosial. Selain lucu, meme yang diunggah Khofifah juga dinilai memiliki pesan dan nilai edukasi yang kuat.

meme-Khofifah-dan-Tuman-3.jpg

"Masya Allah mengena di hati wkwkw, sugeng dalu bu @khofifah.ip," tulis akun @abdul_kaff.

"kereeen ibuk.... cara penyampaian yg mudah di fahami di semua kalangan," imbuh pemilik akun @zeinsusan

"Mantap bu, pesannya sangat bagus dan milenial sekali," ujar akun @nur_alim_ma

"wkwkwkwkwkwkwkw... bugub yang gokil banget, humor tapi pesannya dalam bangt bu, mksh bu @khofifah.ip," tambah akun @pioner_hutahaean

meme-Khofifah-dan-Tuman-4.jpg

Tidak sedikit pula netizen yang mengungkapkan rasa syukurnya karena dipimpin oleh Khofifah sebagai Gubernur. 

Seperti yang dikatakan pemilik akun @deewanda_ana yang berkomentar "Ibu Gubernur ku yang kekinian,". Senada akun @khanzafatimah menulis komentar "ya ampun ibu lucu banget sih ?!! Ahh makin sayaaang deh sama ibu...,". "Bu gub ter kece ter ter ter ter lah pkok e, i lop bu khofifah," timpal akun @chamidah___

Khofifah sendiri dikenal cukup aktif di media sosial, khususnya Instagram.

meme-Khofifah-dan-Tuman-5.jpg

Selain mengunggah hasil kerjanya sebagai pejabat publik, ibu empat orang anak ini juga sering mempromosikan kekayaan kuliner nusantara, tradisi budaya dan juga berbagai objek wisata di Indonesia. Tidak jarang caption yang dibuatnya pun membuat netizen terpingkal-pingkal dan baper (bawa perasaan).

meme-Khofifah-dan-Tuman-6.jpg

Hingga saat ini akun instagram @khofifah.ip milik Gubernur Jatim Dra Hj Khofifah telah memiliki 138 ribu pengikut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES