Kesehatan

Selain Obat, Kebiasaan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Jumat, 15 Maret 2019 - 02:24 | 57.13k
Ilustrasi - Tidur Siang (Foto: okaydoc)
Ilustrasi - Tidur Siang (Foto: okaydoc)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebiasaan tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya bisa menurunkan tekanan darah. Bahkan, penurunan tekanan darah ini hampir sama ketika orang mengonsumsi obat. 

Dilansir dari CNN Indonesia, para dokter dari Asklepieion General Hospital, Voula, Yunani menganalisis data dari 212 orang dengan tekanan darah tinggi (mulai dari 130 mmHg). Mereka menemukan orang yang tidur siang secara teratur mampu menurunkan tekanan darah sekitar 5 mmHg.

Jika dibandingkan dengan konsumsi obat, angka ini tak jauh berbeda. Konsumsi obat mampu menurunkan tekanan darah sekitar 5-7 mmHg.

Edisi-Senin-23-Desember-2019-tekanan-darah.jpg

Angka ini memang terbilang kecil. Namun dia mengatakan penurunan sekecil apapun punya efek pada kesehatan dan membantu menghindari dari risiko serangan jantung. 

Persoalan tekanan darah tinggi bisa diikuti risiko kemunculan penyakit lain. Tekanan darah tinggi bisa menekan jantung sehingga timbul serangan jantung dan stroke. Tekanan darah yang bagus atau normal berada di angka 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

Selain mengonsumsi obat, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk tidur siang. Tak perlu terlalu lama, tidur siang sebentar pun memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan manfaat kesehatan tubuh lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES