Kesehatan

Sakit Maag Tiba-Tiba Datang, Yuk Atasi dengan Cara Ini!

Senin, 25 Februari 2019 - 03:29 | 658.47k
Ilustrasi - Tips mengatasi gejala maag (Foto: Hellosehat)
Ilustrasi - Tips mengatasi gejala maag (Foto: Hellosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTASakit maag merupakan penyakit saluran cerna yang sering dianggap sepele. Padahal, keadaan yang dalam istilah medis disebut dispepsia itu bisa merenggut nyawa penderitanya, jika dibiarkan terjadi secara tidak terkendali. Oleh karena itu, penderita maag harus memiliki pengetahuan tentang tindakan yang harus dilakukan saat “serangan” maag datang. Apa saja cara mengatasi maag yang bisa dilakukan?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi maag.

1. Minum obat mag

Gejala-gejala seperti rasa tidak nyaman atau nyeri di perut dekat ulu hati, rasa panas seperti terbakar di dada, dan perut kembung bisa menjadi tanda bahwa maag sedang kambuh. Untuk itu, supaya tidak berlanjut atau bertambah parah, penderita maag disarankan untuk segera mengonsumsi obat-obatan yang dapat menghambat produksi asam lambung, menetralkan asam lambung, atau melapisi dinding lambung.

2. Konsumsi air putih

Air putih dapat membantu menahan gejolak asam lambung berlebih, yang berkontribusi pada terjadinya gejala-gejala maag. Hindari mengonsumsi air putih terlalu banyak, karena berpotensi menyebabkan keseimbangan mineral di dalam tubuh. Hal ini justru meningkatkan risiko terjadinya refluks asam lambung.

Edisi-Minggu-12-Januari-2020-maag.jpg

3. Air kelapa

Air kelapa kaya akan kandungan enzim yang berperan dalam menjaga kestabilan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Di samping itu, air kelapa juga mengandung tanin yang berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi di lambung. Berkat adanya kombinasi zat tersebut, air kelapa sangat efektif untuk dijadikan terapi alternatif untuk membantu mengendalikan gejala maag yang datang tiba-tiba.

4. Pepaya

Pepaya adalah buah yang mengandung enzim propeolitik (papain), yang berfungsi menunjang sistem pencernaan. Di samping itu, kandungan asam askorbat dan asetat di dalam pepaya juga disebut dapat menjadi obat alami untuk mengatasi gejala sakit maag. Buah berwarna oranye ini tergolong ramah untuk dikonsumsi oleh penderita mqag, meski memiliki rasa yang sedikit asam.

5. Kelola stres dengan baik

Stres berkontribusi pada terjadinya peningkatan kadar asam di dalam lambung. Oleh karena itu, supaya gejala maag Anda bisa dikendalikan atau tidak bertambah parah, mengelola stres dengan baik adalah salah satu cara yang wajib dilakukan. Anda bisa melakukan hobi, menonton tayangan komedi, atau melakukan hal positif dan menyenangkan bersama rekan.

Apabila gejala maag Anda tak kunjung reda atau justru semakin menjadi-jadi setelah Anda melakukan berbagai cara mengatasi maag di atas, jangan tunda untuk berobat lebih lanjut pada dokter. Penanganan sedini mungkin dibutuhkan supaya sakit maag yang Anda alami bisa segera dikendalikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES