Peristiwa Daerah

Ini Cara Mudah Budidaya Ikan di Pekarangan Terbatas

Sabtu, 09 Februari 2019 - 13:56 | 161.97k
Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau budidaya ikan di Sukawinatan. (Foto : Istimewa)
Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau budidaya ikan di Sukawinatan. (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Lahan atau pekarangan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan produktif dan menambah penghasilan dengan memanfaatkan lahan kosong sekitar pekarangan tempat tinggal. Salah satunya  yakni membuka usaha sendiri budidaya ikan kolam terpal bundar bioflok.

Hal tersebut tergambar di kawasan Masjid Muhajirin Sukawinatan Lr. Masjid Muhajirin RT. 50 Sukawinatan, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang, Sumatera Selatan. Warga sekitar memanfaatkan salah satu usaha budidaya ikan menerapkan media kolam terpal bioflok.

Usaha budidaya ikan seperti ini bisa diterapkan karena sangat murah. Tidak membutuhkan lahan yang luas. Dan sumber air yang banyak dalam satu kolam bisa  menjadi media bagi 1000 ekor ikan lele jenis sangkuriang.

Sementara panennya setiap 90 hari. Sedangkan baya produksi sekitar Rp 15 ribu perkilonya. Sedangkan harga jual 20 sampai 22 ribu per kilonya. Sistem budidaya ikan bioflok cocok untuk budidaya semua jenis ikan seperti ikan lele, ikan nila, ikan gurame, ikan patin dan jenis ikan sungai lainnya.

Kolam terpal bundar bioflok lebih fraktis dan mudah diusahakan dilahan terbatas. Dengan biaya relatif murah dibanding dengan kolam tembok. Selain itu padat tebar bibit ikan pada media bioflok lebih tinggi serta proses pembersihan dan pengeringan kolam terpal lebih cepat dibanding dengan kolam tanah.

Keberhasilan usaha warga ini juga diapresiasi Gubernur Sumsel Herman Deru yang menyempatkan diri silaturrahmi dengan warga sekitar dan melihat langsung budi daya ikan di pekarangan rumah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Palembang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES