Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

LP Maarif NU Bangkalan Gelar Perkemahan Pramuka ini Tujuannya

Rabu, 30 Januari 2019 - 07:25 | 117.84k
Pembukaan Pergamacab di Alun-alun utara kota Bangkalan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Pembukaan Pergamacab di Alun-alun utara kota Bangkalan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, BANGKALAN – Peringati Harlah NU ke 94 PCNU Cabang LP Maarif  NU Kabupaten Bangkalan menggelar Perkemahan Penggalang Maarif Cabang (PERGAMACAB).

Perkemahan ini diikuti 180 orang dan terbagi menjadi 18 regu siswa-siswi tingkat Penggalang MTs/SMP se Kabupaten Bangkalan yang di buka Selasa 29/1/2019 di Alun-alun utara Kabupaten Bangkalan.

Pramuka-Pergamacab-di-Alun-alun2.jpg

Dalam kegiatan ini perserta ditempa selama tiga hari yakni Selasa-Kamis  dengan di dampingi Pembina dari Sako Maarif NU Kabupaten Bangkalan. Untuk menciptakan semangat  tema kegiatan ini mengusung "Pramuka Aswaja Menuju Generasi Emas 2030".

Menurut ketua panitia perkemahan Abdul Muis mengatakan tema tersebut diusung dengan harapan pramuka LP Maarif NU Bangkalan dapat menanamkan nilai-nilai kepramukaan dan juga nilai-nilai keaswajaan. "Tema itu sebagai harapan kami membentuk karakter unggulan bangsa,” jelas Abdul Muis.

Pramuka-Pergamacab-di-Alun-alun3.jpg

Acara pembukaan kemah tersebut dihadiri oleh PW LP Maarif Jatim, PCNU Bangkalan, Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan, Dandim, para kepala OPD, serta Lembaga-lembaga NU maupun Banom-banom NU se Kabupaten Bangkalan.

Bupati Bangkalan RK. Lathif Amin Imron, selaku pembina upacara menyampaikan kegiatan semacam ini sangat perlu diadakan. "Ini adalah sebuah proses pendewasaan diri, mulai dari melatih ketaatan pada peraturan, disiplin, tekun agar siswa LP Maarif NU memiliki prestasi yang bisa bersaing dengan daerah lain," tegasnya.

Semangat dan harapan yang luar biasa juga datang dari ketua PC LP Maarif NU Bangkalan, Muhammad Naufal Cholily mengatakan bahwa tujuan kegiatan perkemahan ini tidak sekadar baris-berbaris atau berlatih disiplin saja, tetapi juga membiasakan diri untuk cinta tanah air dan menerapkan nilai-nilai Ahlussunah Waljamaah.

"Seperti shalat berjamaah, tahlilan dan lain sebagainya akan menumbuhkan karakter-karakter dan generasi bangsa hebat," sebutnya.

Sementara itu Wakil Sekretaris PW LP Maarif  NU Jatim, Firman Syah Ali berharap Era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, pramuka merupakan kegiatan yang paling efektif menangkal dampak-dampak negatif revolusi industri.

"Gerakan Pramuka menanamkan dan memupuk jiwa nasionalisme, kemandirian, kebersahajaan dan kebersamaan sejak dini. Jiwa Pramuka sejalan dengan jiwa santri NU,“ ujar Bendahara IKA PMII Jawa Timur ini.

Satuan komunitas Pramuka LP Maarif NU (Sako LP Maarif NU) merupakan kegiatan pengembangan diri yang wajib diikuti oleh anak didik sekolah dan madrasah Nahdlatul Ulama disemua jenjang satuan pendidikan mulai SD/MI, MTs hingga SMA/MA/SMK.

Perkemahan ini sekaligus merupakan ajang seleksi PC LP Maarif  NU Bangkalan dalam mengikuti perkemahan penggalang tingkat nasional yang akan berlangung pada 19-24 Februari 2019 di Cibubur Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES