Kesehatan

Selain untuk Kebugaran, Ini Manfaat Olahraga untuk Perkembangan Otak

Rabu, 30 Januari 2019 - 02:56 | 63.40k
ILUSTRASI - Olahraga. (FOTO: Diasweet)
ILUSTRASI - Olahraga. (FOTO: Diasweet)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Karena itu, penting membiasakan diri untuk olahraga sejak usia muda. Selain untuk kebugaran tubuh, kebiasaan ini juga baik untuk perkembangan otak.

Dilansir dari Antara, Ahli medis Combhipar, Dr. Sandi Perutama Gani mengatakan, tidak hanya pada tahun-tahun pertama kehidupan, usia remaja menjadi periode penting dalam masa tumbuh kembang manusia. 

Sandi mengatakan salah satu perkembangan paling signifikan terjadi pada prefrontal cortex di dalam otak yang berperan mematangkan kemampuan mengambil keputusan, mengembangkan kepribadian dan kemampuan bersosialisasi.

Lebih lanjut, perkembangan prefrontal cortex dipengaruhi hormon endorfin yang produksinya tak lepas dari tiga elemen, yakni gen Deleted in Colorectal Cancer (DCC), hormon dopamin dan hormon kortisol. 

Edisi-Rabu-11-Maret-2020-olahraga.jpg

Untuk meningkatkan hormon endorfin, beraktivitas fisik rutin menjadi salah satu kunci dan lari adalah contohnya. 

Menurut Sandi, lari menjadi salah satu kegiatan fisik yang direkomendasikan bagi remaja. Mudah dan bisa dilakukan siapapun, di manapun dan kapanpun. Lari teratur mampu menekan rasa gelisah dan depresi. Dari sisi fisik, lari juga meningkatkan kesehatan muskuloskeletal.

Selain itu, lari juga bermanfaat positif untuk kebugaran kardiorespirasi, kesehatan jantung, mengurangi risiko kenaikan berat badan dan membangun ketahanan tubuh. 

Sebuah penelitian mengungkapkan, berlari 30 menit secara rutin selama lima hari dalam tiga pekan, bisa membantu remaja mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas dan membuat lebih fokus dalam meningkatkan pencapaian akademis. 

Berdasarkan hal di atas, tak ada salahnya Anda mencoba memulai kebiasaan olahraga sejak usia muda. Selain bermanfaat untuk kebugaran tubuh, kebiasaan ini juga bermanfaat untuk perkembangan otak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES