Peristiwa Daerah

Caruban Ditetapkan sebagai Ibu Kota Kabupaten Madiun

Kamis, 17 Januari 2019 - 11:32 | 503.98k
Gapura yang dulu Mejayan telah kembali berubah nama Kota Caruban. (FOTO: Ervan Marwantaka/TIMES Indonesia)
Gapura yang dulu Mejayan telah kembali berubah nama Kota Caruban. (FOTO: Ervan Marwantaka/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUNPemkab Madiun akhirnya menetapkan Caruban sebagai Ibu Kota Kabupaten Madiun dan nama dari Kantor Pusat Pemerintahan. Ini setelah sebelumnya bernama Mejayan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Madiun Tontro Pahlawanto mengatakan, penetapan nama Caruban tidak harus menunggu terbitnya revisi Peraturan Pemerintah (PP) 52/2010 tentang Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Madiun dari Kota Madiun ke Kecamatan Mejayan.

’Tidak ada masalah menyebut Puspem (Pusat Pemerintahan) Caruban, karena arah revisi PP memang ke sana,’’ kata Tontro Pahlawanto. 

Menurut Tontro, keputusan itu diambil, karena pemkab tidak menginginkan polemik penamaan Caruban-Mejayan yang disoal LSM berlarut hingga sejauh ini. ‘’Sebenarnya, Caruban itu ya di Mejayan ini. Karena soal sejarah, tidak bisa dijelaskan secara eksplisit dalam pengajuan,’’ ujarnya. 

Terkait keputusan menjadikan Caruban sebagai Ibu Kota Kabupaten Madiun, Pemkab Madiun juga akan melakukan penyesuaian Perda 9/2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Periode 2009–2029. "PP anyar yang kelak turun dijadikan landasannya," jelas Tontro Sekda Kabupaten Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES