Peristiwa Daerah

Lahan di Desa Kaki Gunung Semeru Kondisinya 'Sakit'

Selasa, 18 Desember 2018 - 14:56 | 35.02k
Camat Wajak M Nur Fuad Fauzi saat menerima bantuan bibit pohon dari CCCD. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Camat Wajak M Nur Fuad Fauzi saat menerima bantuan bibit pohon dari CCCD. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mayoritas lahan di Desa Bambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur saat ini kategori sakit.

Ini terjadi lantaran banyak pohon yang ditebang dan juga aksi penambangan pasir. Hal ini seperti disampaikan oleh Camat Waja M Nur Fuad Fauzi saat penanaman bibit pohon oleh Cross Cutting Capacity Development (CCCD) Project di desa yang berada di kaki Gunung Semeru, Selasa (18/12/2018).

“Kondisi lahan perhutanan di desa ini sedang sakit. Bila kondisi seperti ini dibiarkan berlarut-larut, maka akan menyebabkan terjadinya bencana alam,” ujar M Nur Fuad Fauzi kepada TIMES Indonesia. 

Maka dari itu, dia mengapresiasi kegiatan penanaman bibit pohon yang dilakukan oleh CCCD. Menurutnya, kegiatan penanaman pohon ini sangat penting.

“Letak dari Desa Bambang ini berada di hulu sungai sehingga, kondisi lingkungan sekitar harus terjaga dengan baik,” katanya.

Pria ramah ini melanjutkan, setelah dilakukan penanaman bibit pohon, selanjutnya tugas dari masyarakat untuk menjaganya dengan sebaik mungkin.

“Saya imbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga apa yang telah dilakukan saat ini sehingga, kelestarian lingkungan akan terjaga dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut dia juga berharap kepada CCCD supaya memberikan pendampingan kepada masyarakat untuk melakukan perawatan bibit pohon yang telah ditanam.

Selain itu pula, dia juga berharap ada pihak lain yang juga melakukan kegiatan penanaman pohon.

“Masyarakat juga harus pro aktif dalam rangka pelestarian lingkungan. Apabila ada bantuan berupa bibit pohon, akan saya usahakan. Karena selain CCCD, juga ada pihak lain yang juga memiliki bibit pohon, salah satunya dari Jasa Tirta,” pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES