Kesehatan

Lemon Memicu GERD? Ini Penjelasannya

Senin, 26 November 2018 - 05:15 | 185.97k
Lemon. (FOTO: Live Well Physio)
Lemon. (FOTO: Live Well Physio)

TIMESINDONESIA, JAKARTALemon adalah salah satu buah kaya akan vitamin C dan A, serta serat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tak heran bila lemon menjadi favorit banyak kalangan. Namun, di balik manfaatnya, lemon kerap dianggap sebagai buah yang dapat mencetuskan penyakit GERD. Benarkah lemon sebabkan GERD?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa gastroesophageal reflux disease aias GERD adalah penyakit dimana Anda mengalami sensasi rasa terbakar di dada, mual, hingga nyeri ulu hati. Hal itu terjadi akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan (refluks).

Faktor risiko yang meningkatkan risiko GERD, termasuk kehamilan, obesitas, diet tinggi lemak, obat-obatan, stres, dan konsumsi alkohol.

Dilansir dari Klik Dokter, fakta menyebutkan, lemon dan jenis buah jeruk lainnya telah lama dianggap sebagai makanan yang memperburuk refluks asam lambung. Meski demikian, American College of Gastroenterology menjelaskan bahwa tiap penderita GERD punya pemicunya masing-masing, namun lemon diduga memiliki sifat serupa yang berpotensi memantik penyakit tersebut.

Salah satu cara lemon memicu rasa panas di dada adalah dengan mengaktifkan pepsin―enzim perut yang memecah protein. Walau buah berwarna kuning ini tidak dapat mengubah aksi pepsin di dalam lambung, refluks cairan pencernaan lambung dapat meninggalkan molekul pepsin inaktif di dalam tenggorokan dan esofagus.

Makanan yang mengandung asam seperti lemon memang dapat bersentuhan dengan pepsin, mengaktifkannya, lalu menyebabkan kerusakan dengan memecah protein dalam jaringan-jaringan tersebut. Di sinilah penyakit GERD terpicu.

Lemon dan keluarga jeruk lainnya memang dapat memperburuk gejala-gejala penyakit GERD. Karena itu, sebaiknya Anda hindari asupan tersebut, khususnya jika lambung memang sangat sensitif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES