Gaya Hidup

Efektifkah Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Kentang Rebus?

Minggu, 04 November 2018 - 04:02 | 311.41k
Kentang Rebus (FOTO: Dokter Sehat)
Kentang Rebus (FOTO: Dokter Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang berusaha mencari diet sehat dengan makanan terbaik demi mencapai berat badan ideal. Demi pola makan sehat dan menurunkan berat badan, tak sedikit orang yang memilih makanan sehat yang direbus. Salah satunya adalah kentang rebus. Namun, apakah makanan ini bisa membantu menurunkan berat badan?

Dilansir dari Healthline, kentang rebus bisa membantu menurunkan berat badan. Jenis kentang yang dianjurkan adalah kentang putih. Sayangnya, di Indonesia kentang ini belum terlalu populer.

Kentang putih diketahui kaya akan nutrisi yang tak hanya bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Kentang jenis ini juga mendukung kesehatan tubuh secara optimal.

Kentang putih sangat tinggi potasium, yaitu nutrisi yang biasanya tak tercukupi dan memainkan peran penting dalam mengendalikan tekanan darah. Meski demikian, baik kentang putih atau kentang yang selama ini Anda konsumsi, keduanya bisa berkontribusi terhadap berkurangnya lingkar pinggang.

Pada skala yang disebut dengan indeks kenyang (satiety index), yang mengukur bagaimana makanan bisa membuat seseorang kenyang, kentang rebus mencetak skor tertinggi dari semua makanan yang diuji. Artinya, baik makan kentang putih atau kentang biasa dengan cara direbus, walaupun makan sedikit Anda akan merasa lebih kenyang.

Jika Anda membiarkan kentang dingin selama beberapa saat setelah direbus, kentang akan membentuk pati resisten dalam jumlah yang tinggi. Pati tersebut adalah zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

Selain kentang, ubi jalar, lobak, dan umbi-umbian juga sangat baik bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk mengombinasikan makanan yang direbus dengan makanan sehat lainnya agar kebutuhan nutrisi harian Anda terpenuhi. Selain itu, imbangi diet sehat dengan olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES