Kopi TIMES

Tugas Guru BK Adalah..?

Selasa, 02 Oktober 2018 - 23:52 | 568.40k
Kegiatan Konsultasi antara Guru Bk dan Murid
Kegiatan Konsultasi antara Guru Bk dan Murid

TIMESINDONESIA, MALANG – DUA hal yang harus dimiliki oleh seorang Guru Bimbingan konseling, yaitu kompentensi diri dan mampu mengemban tugas yang sangat besar bahkan dianggap serta berbeda dengan mata pelajaran yang lain, karna tugas dari guru Bimbingan konseling ini, menyentuh hal pribadi, baik mental maupun akal, oleh karena itu, tugas dari guru Bk sendiri semestinya lebih berat dari yang lain, seleain juga harus mempunyai Kompotensi skill dan kompentensi. Maka tidak semuanya bisa menjadi Guru Bimbingan Konseling.

Sebenarnya Kpmpentesi guru itu sendiri adalah  kelayakan untuk menjalankan tugas, kemampuan sebagai suatu faktor yang penting bagi pendidik maupun peserta didik, oleh karena itu kualitas dan produktifitas kerja guru harus mampu memperlihatkan perbauatan professional yang bermutu.

Kemampuan atau kompetensi guru harus memperlihatkan prilaku yang memungkinkan mereka yang menjalankan tugas profesional dengan cara yang paling diingini, tidak sekedar menjalankan kegiatan pendidikan bersifat rutinitas.

Guru melaksanakan tugas tidak untuk kepentingan diri sendiri, tetapi untuk kepentingan Negara yaitu mendidik anak bangsa. Guru melaksanakan tugas mendidik dan mengajar, tidak karena takut kepada pimpinan atau atasannya secara birokratis, tetapi karena kesadaran mengemban jabatan profesional guru atas dasar kemampuan  atau kompetensi yang dimilikinya.

Tugas dari guru Bk atau konselor seharusnya menjadi panutan, atau sebagai contoh sosial, maka dari itu seorang konselor/guru bk mampu memberikan uswah terbaik bagi claintnya, sebagai orang yang kata katanya didengarkan orang maka, sudah selayaknya memberikan hal hal yang terbaik, dan tugas dari guru bk adalah memberikan penganyoman, memberikan solusi, bahkan memberikan motivasi, bagi calint yang mempunyai masalah masalah mental dan sebagainya.***

* Penulis Ahmad Mirza Wildan Abrar

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES