Kesehatan

Catat! Ini Waktu Terbaik Melakukan Tes Gula Darah untuk Pasien Diabetes

Jumat, 31 Agustus 2018 - 04:32 | 249.13k
Ilustrasi - Tes gula darah (FOTO: hellosehat.com)
Ilustrasi - Tes gula darah (FOTO: hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tes kadar gula darah sangat penting dilakukan bagi penderita diabetes. Tes gula darah dilakukan untuk memantau apakah diabetes yang Anda miliki terkontrol dengan baik atau tidak. Selain itu, dengan mengetahui kadar gula darah Anda dari waktu ke waktu, Anda dapat melaporkan kepada dokter Anda mengenai keberhasilan pengobatan diabetes atau terapi yang mungkin diberikan. Lantas, kapan waktu terbaik untuk mengecek gula darah Anda?

Dilansir dari Hello Sehat, secara umum frekuensi pengecekan gula darah mandiri dilakukan berdasarkan tipe diabetes yang dimiliki dan rencana pengobatan Anda.

Pasien dengan diabetes tipe 1 dapat direkomendasikan oleh dokter untuk melakukan pengecekan 10 kali dalam sehari. Anda dapat melakukannya sebelum makan dan mengonsumsi makanan ringan, sebelum dan setelah olahraga, sebelum tidur, dan terkadang pada malam hari.

Pasien dengan diabetes tipe 2 yang sudah melakukan terapi insulin mungkin akan direkomendasikan untuk melakukan pengecekan beberapa kali dalam sehari bergantung tipe dan jumlah insulin yang diberikan. Waktu terbaik untuk melakukan cek gula darah mandiri untuk memantau keadaan Anda adalah pada saat bangun tidur, sebelum dan sesudah makan, dan sebelum tidur.

Selain itu, jika Anda ingin melakukan tes gula darah mandiri untuk alasan umum dan bukan untuk mengubah dosis insulin yang Anda butuhkan, seperti untuk mengetahui bagaimana tubuh Anda mengontrol gula darah, waktu terbaik untuk mengecek gula darah Anda adalah dengan melakukan pengecekan setiap hari pada waktu yang sama selama beberapa waktu tertentu.

Tes gula darah mandiri secara rutin, dapat menghindarkan Anda dari risiko-risiko yang mungkin muncul akibat pengobatan, seperti hipoglikemia atau hiperglikemia. Melalui pengecekan rutin, dokter Anda juga mampu memberikan pengobatan diabetes terbaik untuk Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES