Kesehatan

Manfaat Mewarnai untuk Orang Dewasa, Salah Satunya Penting untuk Otak Lho!

Jumat, 17 Agustus 2018 - 06:45 | 528.33k
ILUSTRASI. (FOTO: Merdeka.com)
ILUSTRASI. (FOTO: Merdeka.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahukah Anda jika mewarnai juga memiliki manfaat untuk orang dewasa? Mewarnai ternyata bukanlah kegiatan sembarangan, karena dapat berfungsi sebagai terapi seni yang mendatangkan beragam manfaat kesehatan. Apa saja manfaat mewarnai untuk orang dewasa?

Menurut the American Art Therapy Association, terapi seni adalah suatu kegiatan yang bermanfaat untuk mendatangkan beragam manfaat. Berikut manfaat sehat mewarnai untuk orang dewasa, seperti dilansir dari Klik Dokter.

1. Menurunkan Tingkat Kecemasan

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kegiatan mewarnai dapat memberikan efek therapeutik untuk menurunkan tingkat kecemasan, menajamkan fokus, dan membuat pikiran lebih tenang, bahkan dapat membantu menurunkan tingkat stres.

2. Menciptakan Perasaan Senang

Studi lain yang dilakukan oleh the University of New South Wales di Australia menyebut bahwa terfokus pada kegiatan mewarnai dapat menggantikan pikiran negatif dengan pikiran yang menyenangkan. Karena, seseorang yang sedang mewarnai akan terfokus pada bentuk dan ukuran gambar, serta memilih warna-warna yang diinginkan.

3. Mengaktifkan Kemampuan Otak Bagian Frontal

Saat melakukan aktivitas mewarnai, otak bagian frontal akan teraktivasi. Otak bagian frontal berperan penting untuk ingatan, menyelesaikan masalah, kemampuan berbahasa, kemampuan bersosial dan spontanitas.

4. Nostalgia Masa Kecil

Aktivitas mewarnai akan membuat Anda kembali pada waktu-waktu bahagia di masa kecil. Waktu ketika Anda tidak dibebankan banyak tanggung jawab, bisa melakukan sesuatu hanya karena ingin dan tidak memiliki kewajiban yang harus dikerjakan. Kembali sesaat pada masa-masa seperti ini akan membuat Anda teralih dari pikiran-pikiran yang membuat stres dan cemas.

5. Mengasah Otak Kiri dan Kanan

Kegiatan mewarnai dapat mengaktifkan kedua sisi otak, yaitu kiri dan kanan. Saat mewarnai, Anda akan memikirkan mengenai keselarasan warna, pemilihan warna dan cara mengaplikasikan pensil warna, sehingga kemampuan motorik halus maupun kemampuan menyelesaikan masalah menjadi terasah dengan baik.

Itulah manfaat mewarnai untuk orang dewasa. Lakukan kegiatan ini dengan relaks, agar segala manfaatnya untuk kesehatan bisa Anda rasakan dengan optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES