Kalimantan Selatan Liputan Haji 2017

Gubernur Kalsel Lepas Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin

Senin, 31 Juli 2017 - 10:25 | 105.29k
ILUSTRASI: Pemberangkatan Haji (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Pemberangkatan Haji (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
FOKUS

Liputan Haji 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melepas keberangkatan jemaah calon haji kelompok terbang 1 Embarkasi Banjarmasin, Minggu (30/7/2017). Kelompok Terbang (Kloter) 1 berasal dari Kota Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu , Gubernur meminta seluruh calon haji kloter 1 bisa menjaga kesehatan baik fisik maupun mental sehingga bisa menjalani seluruh rangkaian ibadah haji. Ibadah haji yang merupakan ibadah yang memerlukan kekuatan fisik dan mental.

“Saya berdoa semoga seluruh jamaah selamat mulai dari berangkat hingga pulangnya nanti dan menjadi haji mabrur”, ujar  Sahbirin di asrama haji Landasan Ulin Banjarbaru.

Gubernur juga meminta baik kepada jamaah kloter 1 maupun jamaah kloter selanjutnya untuk menjaga nama baik daerah dan mematuhi seluruh aturan yang ditetapkan dalam ibadah haji.

Sementara itu ditempat yang sama, Plt Kadinkes Kalsel M Muslim, mengatakan, pihak dinas meminta seluruh calon haji menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk menghindari wabah Kolera yang saat ini menyerang warga di kawasan Timur Tengah.

M Muslim mengatakan, penyakit kolera adalah penyakit infeksi saluran usus yang bersifat akut disebabkan bakteri Vibrio cholerae yang masuk kedalam tubuh melalui makanan atau minuman.

Sumber infeksi kolera bisa berasal dari makanan atau air yang mengandung bakteri, termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan mentah yang tidak dikupas. Jemaah diminta banyak minum air putih karena suhu udara di Arab Saudi mencapai 40 hingga 50 derajat celsius sehingga bisa membahayakan kesehatan.

Muslim juga meminta jamaah diminta mengenakan masker penutup hidung dan mulut agar terhindar dari debu akibat cuaca panas yang bisa menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES