Gaya Hidup

Manfaat Daun Sirih yang Perlu Anda Ketahui

Senin, 18 Juli 2016 - 15:10 | 165.81k
Ilustrasi. (Foto:  Mantra Sukabumi - Pikiran Rakyat)
Ilustrasi. (Foto: Mantra Sukabumi - Pikiran Rakyat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Daun sirih sudah lama dikenal sebagai bahan herbal yang digunakan dalam pengobatan. Dahulu daun sirih biasa dikunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Selain itu sirih juga kerap kali digunakan dalam berbagai upacara adat.

Tak hanya untuk pengobatan dan hal lain di atas, sirih juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan tubuh wanita. Yang umum, daun sirih dapat digunakan sebagai pembersih bagian kewanitaan. Tak hanya itu, daun sirih masih memiliki banyak manfaat lain. Berikut manfaat daun sirih dilansir dari berbagai sumber.

1. Mengatasi Jerawat
Daun sirih memiliki kandungan yang bersifat antiseftik dan antifungia. Kedua kandungan tersebut dapat berguna untuk mencegah terjadinya iritasi dan bertumbuhnya jamur pada kulit wajah. Cara penggunaan daun sirih untuk mengatasi jerawat sangat mudah. Hancurkan sekitar 8-10 lembar daun sirih. Lalu seduh dengan air panas hingga airnya berubah warna. Setelah itu, basuh muka menggunakan air daun sirih tersebut. Lakukan 2-3 kali dalam sehari.

2. Mengatasi Gatal
Daun sirih juga bisa mengobati gatal-gatal di kulit. Sifat anti-septik dan anti-inflamasi dari daun sirih akan meringankan rasa gatal. Caranya, ambil 10-12 lembar daun sirih, rebus dalam air panas. Jangan terlalu lama, cukup tunggu hingga layu. Gunakan air rebusan tadi untuk campuran air mandi. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk merendam tangan atau kaki yang gatal karena masalah kulit.

3. Menghaluskan Kulit
Selain mengobati jerawat, daun sirih juga bermanfaat menghaluskan kulit yang kasar. Caranya yaitu siapkan lima lembar daun sirih yang masih segar, kemudian haluskan daun sirih tersebut dan campurkan satu sendok teh madu alami. Oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu basuh wajah menggunakan air hangat.

4. Mengatasi Luka Bakar
Daun sirih juga bisa bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar ringan. Ambil beberapa lembar daun sirih segar. Cuci bersih kemudian remas-remas. Setelah itu tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada bagian kuIit yang mengalami luka bakar. Daun sirih dan madu akan bekerja untuk menenangkan rasa perih karena luka bakar sekaligus meminimalisir inflamasi.

5. Mencegah Bau Badan
Manfaat daun sirih untuk mengatasi bau badan sudah banyak diketahui. Aroma harum daun sirih yang tajam akan meminimalisir aroma tubuh yang tidak sedap. Selain itu sifat anti-bakteri dalam daun sirih akan membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES